Internasional

Hari Anak Sedunia: Pentingnya Memperingati Hak Anak 20 November

188
×

Hari Anak Sedunia: Pentingnya Memperingati Hak Anak 20 November

Share this article
anak
Ilustrasi anak-anak/Photo by Guduru Ajay bhargav: https://www.pexels.com/photo/boy-wearing-green-crew-neck-shirt-jumping-from-black-stone-on-seashore-939702/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November sebagai momentum untuk menyuarakan isu-isu penting bagi anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hak-hak anak, mempromosikan kesejahteraan anak, dan mengadvokasi isu-isu yang memengaruhi anak-anak. Berikut adalah beberapa informasi penting mengenai Hari Anak Sedunia:

 Sejarah Hari Anak Sedunia

Hari Anak Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1954 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperingati penetapan Deklarasi Hak-Hak Anak pada tahun 1959 dan Konvensi Hak-Hak Anak pada tahun 1989. Peringatan ini bertujuan untuk memberikan perhatian khusus terhadap isu-isu yang memengaruhi anak-anak di seluruh dunia.

Baca Juga  Miris, Ada 11.012 Kasus Kekerasan pada Anak selama 2022

 Tujuan Peringatan Hari Anak Sedunia

Peringatan Hari Anak Sedunia bertujuan untuk:

  • Memperingati hak-hak anak sesuai dengan Konvensi Hak-Hak Anak PBB.
  • Meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang memengaruhi anak-anak, seperti pendidikan, kesehatan, perlindungan, dan kesejahteraan anak.
  • Mendorong tindakan konkret untuk meningkatkan kesejahteraan anak di seluruh dunia.

 Aktivitas yang Dilakukan

Pada Hari Anak Sedunia, berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memperingati hak-hak anak, seperti seminar, lokakarya, kampanye sosial, dan kegiatan edukasi. Selain itu, banyak organisasi dan lembaga yang mengadakan acara khusus untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu anak-anak.

Baca Juga  24 Juli Hari Merawat Diri Internasional dengan Berbagai Cara untuk Self-Care

 Pentingnya Memperingati Hari Anak Sedunia

Peringatan Hari Anak Sedunia penting untuk mengingatkan semua pihak akan pentingnya melindungi hak-hak anak, memberikan pendidikan yang berkualitas, dan menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak-anak. Anak-anak adalah generasi penerus yang perlu dilindungi, didukung, dan diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dengan memperingati Hari Anak Sedunia, diharapkan kesadaran akan hak-hak anak akan semakin meningkat, dan tindakan konkret dapat diambil untuk meningkatkan kesejahteraan anak di seluruh dunia.

banner 325x300