Politik

Golkar Jambi Minta Pemprov Minimalisir Kebocoran Pajak Melalui Digitalisasi

167
×

Golkar Jambi Minta Pemprov Minimalisir Kebocoran Pajak Melalui Digitalisasi

Share this article
Juru bicara fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata. Foto: Ist
Juru bicara fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAMBI – Anggota fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) di DPRD Jambi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) meminimalisir kebocoran penerimaan pajak dengan mempercepat penerapan digitalisasi.

Juru bicara fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata mengatakan Pemprov Jambi harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga lebih efisien dan transparan dalam mengelola keuangan daerah.

Digitaliasi, jelasnya, sudah dapat dimanfaatkan untuk proses penerimaan pajak daerah dan retribusi, sehingga tercipta efisiensi waktu dan efisiensi penerimaan, serta meminimalisir kebocoran penerimaan.

Baca Juga  KPU Goes to Campus Digelar di Universitas Diponegoro Semarang

“Besarnya pajak atau retribusi dalam penyetorannya harus dengan berbasis teknologi untuk mendukung efisiensi layanan Pajak dan Retribusi Daerah,” jelasnya, di Jambi, pekan ini.

Dia mengatakan selain memudahkan Pemprov dalam menerima pajak dan retribusi, digitalisasi juga akan membantu masyarakat karena dapat memangkas birokrasi.

Ivan Wirata menambahkan guna  mewujudkan tujuan pembangunan dan perlu diatur pula tatanan hukum dalam bentuk peraturan daerah tentang Pajak daerah dan Retribusi Daerah.

Sehingga, jelasnya, dapat menjadi wadah dan rambu-rambu pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga  Prabowo Bantah Bagi-bagi Susu dan Makan Siang Gratis Bisnis Menggiurkan

Sehubungan dengan itu, dia mengatakan Pemprov Jambi juga diharapkan dapat segera beradaptasi dengan cara keuangan saat ini dengan Ranperda.

Penerbitan Ranperda ini, sambungnya lagi, harus diikuti oleh kajian-kajian yang lebih rinci dan lebih dalam tentang tarif dan penghitungan potensi serta proyeksi pajak daerah dan Retribusi Daerah di Provinsi Jambi.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300