Ekonomi

Ekonomi Digital jadi Peluang Baru dalam Pemulihan Ekonomi

183
×

Ekonomi Digital jadi Peluang Baru dalam Pemulihan Ekonomi

Share this article
Ekonomi Digital jadi Peluang Baru dalam Pemulihan Ekonomi
Ekonomi Digital jadi Peluang Baru dalam Pemulihan Ekonomi

G24NEWS.TV, JAKARTA –Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dalam masa pemulihan ekonomi Indonesia, salah satu peluang baru yaitu tumbuhnya ekonomi digital. Hal ini penting dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara pada The 2nd International Conference on Contemporary Risk Studies (ICONIC-RS) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Universitas Pertamina yang berlangsung di Prime Plaza Hotel, Sanur, Bali, Kamis (21 Sep).

Wamendag Jerry menjelaskan semakin pentingnya peran ekonomi digital tidak lepas dari pertumbuhan sektor niaga-el yang masih mendominasi sebagai penyumbang pertumbuhan paling signifikan.

Baca Juga  Menperin Agus Gumiwang Dorong Ekspor Industri Otomotif

Bank Indonesia memperkirakan pada tahun 2023, transaksi niaga-el nasional mencapai Rp533,5 triliun, meningkat sekitar 12% dari tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Wamendag menjelaskan bahwa kecepatan dan skala ekonomi digital mendorong kita semua untuk beralih dari model tradisional dan mengadopsi strategi kolektif yang inovatif.

Kita harus terus mengubah pandangan tentang perdagangan global dari jaringan entitas yang terisolasi menjadi sistem yang saling berhubungan.

Baca Juga  Kemendag Siapkan Transformasi Kebijakan Perdagangan

Masa depan perdagangan kita bergantung pada kemampuan kita dalam menyatukan sumber daya, pengetahuan, dan inisiatif untuk mengatasi tantangan bersama.

Hal ini bertujuan untuk melindungi kepentingan ekonomi dan memetakan jalan menuju sistem perdagangan global yang lebih digital, berkelanjutan, adil, dan tangguh.

Wamendag menekankan bahwa manajemen risiko yang efektif dapat membantu kita untuk tidak terlalu terkejut dan memberikan respons yang lebih baik.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

 

banner 325x300