NasionalVideo

Dampingi Presiden ke Cianjur, Menko Airlangga Hartarto Pastikan Semua Bantuan Tersalurkan

155
×

Dampingi Presiden ke Cianjur, Menko Airlangga Hartarto Pastikan Semua Bantuan Tersalurkan

Share this article
Airlangga Hartarto dampingi presiden ke cianjur salurkan bantuan bencana gempa bumi
Airlangga Hartarto dampingi presiden ke cianjur salurkan bantuan bencana gempa bumi

G24NEWS.TV, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau wilayah terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (05/12).

Airlangga bersama Presiden berkunjung ke Posko Penanganan Bencana Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, Pondok Pesantren Darul Falah Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang dan Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.

Menurut Airlangga, peninjauan kali ini dalam rangka melihat proses rekonstruksi bangunan dan memastikan bantuan kemanusiaan menjangkau seluruh korban terdampak gempa.

“Peninjauan dimulai antara lain dari posko penanganan bencana hingga lokasi pembangunan rumah khusus tahan gempa RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) bagi masyarakat terdampak bencana di wilayah tersebut,” ujar Airlangga.

Baca Juga  Toyota Tambah Investasi di Indonesia, Golkar : Bisa jadi Basis Produksi Kendaraan Listrik

Sejak awal, Airlangga menyebut pemerintah telah bergerak cepat, melakukan koordinasi dan menginstruksikan seluruh jajaran agar segera melakukan bantuan penanganan dan penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak.

“Alhamdulillah hari ini, langsung di lapangan, seluruh bantuan kami pastikan tersalurkan dengan baik. Terima kasih juga kepada masyarakat Indonesia yang telah peduli dan ikut membantu meringankan para warga yang terdampak bencana di Cianjur,” jelasnya.

Tak lupa Airlangga juga berdoa agar para korban dapat segera bangkit kembali.

“Doa kita untuk para korban, semoga masyarakat Cianjur bisa segera pulih dari trauma dan berbagai bantuan lainnya bisa tersalurkan dengan optimal,” imbuhnya.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Targetkan Pemerintah Daerah "Go Digital" pada 2023

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meninjau langsung pembangunan rumah tahan gempa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Senin (5/12).

Pada tahap pertama ini akan dibangun 200 unit rumah tahan gempa. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan pembangunan 1.600 rumah serupa di lokasi lainnya untuk warga yang berada di pusat gempa, terutama Kecamatan Cugenang.

“Sehingga lokasi-lokasi yang berada di center-nya gempa, akan dipindahkan ke sini dan lokasi yang kedua tadi,” ucap Presiden dikutip dari situs Presiden RI.

“Yang lain, tetap dibangun di tempat yang sama dan diberi bantuan,” lanjut dia

banner 325x300