Headline

Airlangga Sosok yang Paham Pengelolaan Ekonomi Nasional

188
×

Airlangga Sosok yang Paham Pengelolaan Ekonomi Nasional

Share this article
Airlangga Sosok yang Paham Pengelolaan Ekonomi Nasional
Airlangga Sosok yang Paham Pengelolaan Ekonomi Nasional

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang paling mengerti mengenai pengelolaan ekonomi nasional.

Hal itu berdasarkan survei mengenai sosok potensial calon presiden (capres) yang menguasai persoalan ekonomi yang dilakukan oleh Lembaga Kajian Pemilu Indonesia.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Heru Suyatn mengatakan tantangan utama pemimpin baru Indonesia 2024 mendatang adalah kemampuan dalam menghadapi ketidakpastian global.

Untuk itu, dibutuhkan calon presiden yang memiliki kompetensi dalam mengelola negeri.

“Tantangan kita lima tahun ke depan itu sangat berat,” katanya.

Dalam survei itu menghasilkan, sebanyak 61,9 persen responden memilih  Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang paling mengerti mengenai pengelolaan ekonomi nasional.

Sementara Prabowo Subianto berada di posisi kedua dengan 12,8 persen.

Baca Juga  Bantuan Pangan Beras Menjaga Level Inflasi Nasional

Selanjutnya ada Ganjar Pranowo dengan 6,4 persen, Anies Baswedan dengan 4,7 persen, dan 14,2 persen tidak memberikan penilaian.

Survei ini dilakukan pada tanggal 10 hingga 24 Juni 2023 di 34 provinsi dengan menggunakan metode multistage random.

Responden berjumlah 2.088 orang yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024. Hasil penelitian ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebanyak kurang lebih 2,1 persen.

Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU. (lahir 1 Oktober 1962) adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin dan Ketua Umum Partai Golkar.

Baca Juga  Erwin Aksa: Kader Muda Partai Golkar Harus Bawa Indonesia jadi Negara Maju 

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014. Airlangga juga adalah Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009) membidangi energi, lingkungan hidup dan ristek dari Fraksi Partai Golkar dan tercatat sebagai Wakil Bendahara dalam Pengurus DPP Partai Golkar periode 2004-2009 di kepengurusan periode 2009-2015 tercatat sebagai Ketua DPP Partai Golkar.

Ia terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V dan menjabat sebagai Ketua Komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, UKMK, Investasi dan BUMN.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300