Internasional

4 WNI Berhasil Dievakuasi Dari Jalur Gaza dan Tepi Barat

212
×

4 WNI Berhasil Dievakuasi Dari Jalur Gaza dan Tepi Barat

Share this article
Sebuah gedung runtuh di Tepi Barat, Israel, Selasa (10/10/2023). Foto: PBB
Sebuah gedung runtuh di Tepi Barat, Israel, Selasa (10/10/2023). Foto: PBB

G24NEWS.TV, JAKARTA – Sebanyak 4 WNI yang dievakuasi Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Amman dari wilayah Tepi Barat dan sekitarnya telah tiba di Jakarta dengan selamat (15/10/2023).

Proses evakuasi dilakukan sejak tanggal 13 Oktober melalui jalur darat dari Safe House di Yerusalem melalui Jordan River Border menuju Amman.

Saat ini tercatat sebanyak 136 WNI masih berada di wilayah Tepi Barat dan sekitarnya. Mereka memilih untuk tetap tinggal di lokasi masing-masing.

Sementara itu, Pemerintah masih terus upayakan evakuasi 10 WNI dari wilayah Jalur Gaza.

Kerawanan situasi keamanan membuat proses evakuasi WNI dari Jalur Gaza harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan dengan koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait.

“Hingga saat ini tidak ada WNI yg menjadi korban,” tulis pengumuman resmi Kementerian Luar Negeri, Senin (16/10/2023).

Baca Juga  Pasukan Elite Korp Brimob Indonesia Kalahkan Brasil di UAE SWAT Challenge 2024

Pulangkan WNI dari Israel Palestina

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani prihatin mendukung Kemenlu segera pulangkan WNI dari Israel-Palestina, usai Israel baru-baru saja mendeklaraskan perang terhadap Hamas Palestina.

Serbuaan itu dilakukan Israel untuk membalas serangan Hamas yang menewaskan ratusan warga Israel pada Sabtu (7/10/2023) lalu.

Merespon hal tersebut, dengan memanasnya situasi perang antara Israel dan Palestina, yang menyebabkan jatuhnya banyak korban meninggal dunia dan luka-luka.

Maka dari itu, Christina mendukung penuh upaya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang tengah merencanakan evakuasi warga negara Indonesia di Palestina di samping menyerukan perdamaian.

“Situasi perang sangat memprihatinkan kita semua. Harus dihentikan atas nama kemanusiaan. Dan kami mendukung penuh upaya Kemenlu untuk memulangkan WNI ke tanah air,” kata Christina kepada wartawan, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga  Berharap Konflik Israel-Palestina Segera Gencatan Senjata

Tak hanya itu, dirinya juga mendukung atas imbauan bagi WNI untuk tidak bepergian ke Palestina maupun Israel yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri belum lama ini.

Christina berharap, rencana kontingensi termasuk evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Palestina maupun Israel berjalan lancar sesuai dengan rencana.

“WNI kita imbau agar aktif membangun komunikasi dengan KBRI Amman, KBRI Kairo dan KBRI Beirut untuk mendapatkan update informasi situasi di sana,” ucap Politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Email: Nyomanadikusuma@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300