Kesehatan

24 Juli Hari Merawat Diri Internasional dengan Berbagai Cara untuk Self-Care

292
×

24 Juli Hari Merawat Diri Internasional dengan Berbagai Cara untuk Self-Care

Share this article
self care
Ilustrasi self care/Photo by Anna Shvets: https://www.pexels.com/photo/young-positive-woman-with-many-stickers-on-face-3851309/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Setiap tanggal 24 Juli kita merayakan International Self-Care Day atau Hari Merawat Diri Internasional loh. Seru banget kan? Hari ini adalah kesempatan buat fokus dan mengingatkan kita tentang pentingnya merawat diri sendiri. Jadi, dalam artikel kali ini kita bakal bahas tentang betapa keren dan pentingnya self-care. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Self-Care

Self-care, dalam bahasa gaul bisa diartikan sebagai “me-time” atau waktu untuk merawat diri sendiri. Dalam kehidupan yang serba sibuk dan penuh tekanan, self-care menjadi sangat penting buat menjaga keseimbangan dan kesejahteraanmu. Jadi, jangan pernah lupa sediakan waktu khusus buat diri sendiri.

Melakukan Aktivitas Rileks

Dalam merayakan Hari Merawat Diri Internasional, ada beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa mengalokasikan waktu untuk melakukan aktivitas yang membuatmu bahagia dan rileks. Misalnya, menonton film favorit, membaca buku yang sudah lama tertunda, atau bahkan sekadar berjalan-jalan di taman.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba aktivitas fisik yang menyenangkan seperti yoga, jogging, atau bersepeda. Aktivitas fisik ini nggak cuma baik untuk tubuhmu, tapi juga bisa memberikan efek positif pada kesehatan mental. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menemukan jenis olahraga yang paling kamu nikmati.

Baca Juga  Hari Saka Bakti Husada 17 Juli: Menghormati Peran dan Kontribusi Saka dalam Kesehatan

Jaga Kesehatan Mental

Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan mental. Caranya bisa dengan berbicara dengan orang terdekat atau bahkan dengan mencari bantuan profesional jika diperlukan. Ada banyak organisasi yang menyediakan layanan konseling atau terapi psikologi secara online, jadi jangan ragu untuk mencari dukungan jika kamu merasa perlu.

Tidur Cukup

Selain itu, jangan lupakan pentingnya tidur yang cukup. Istirahat yang cukup memberikan energi dan memperbaiki kondisi tubuhmu. Jadi, sediakan waktu yang cukup buat tidur dan pastikan kamu memiliki lingkungan tidur yang nyaman dan tenang.

Rawat Kecantikan Diri

Selain menjaga kesehatan fisik dan mental, merawat diri juga berarti memberi perhatian pada keindahan dirimu. Ini nggak harus berarti menggunakan produk kosmetik yang mahal atau mengikuti tren kecantikan yang terbaru. Cukup dengan merawat kulit dan tubuh dengan cara yang sederhana, seperti mandi dengan air hangat, menggunakan pelembap, atau bahkan melakukan perawatan alami dengan bahan-bahan dari dapur.

Baca Juga  KKPG dan Fraksi Partai Golkar DPRD Makassar Gelar Khitanan Massal

Jaga Pola Makan

Dalam merawat diri, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Pilih makanan yang baik untuk tubuhmu dan hindari makanan yang mengandung bahan-bahan tidak sehat. Jangan lupa juga untuk minum air yang cukup agar tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik.

Senangin Diri

Terakhir, jangan lupa untuk menyenangkan diri sendiri. Lakukan hal-hal yang kamu sukai dan bikin bahagia. Misalnya, menghabiskan waktu bersama teman-teman, mengikuti hobi yang kamu senangi, atau melakukan aktivitas kreatif seperti melukis atau menulis. Ini semua adalah bentuk self-care yang dapat meningkatkan mood dan memberikan rasa kesejahteraan.

Jadi, dalam perayaan Hari Merawat Diri Internasional ini, mari kita belajar untuk lebih menghargai diri sendiri dan memberikan perhatian yang pantas pada diri kita sendiri. Ingatlah bahwa self-care adalah investasi untuk kesejahteraan dan kebahagiaanmu. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu khusus buat merawat diri sendiri. Happy International Self-Care Day!

banner 325x300