Olahraga

Waww Keren… Medali Olimpiade Paris dari Potongan Logam Menara Eiffel

19
×

Waww Keren… Medali Olimpiade Paris dari Potongan Logam Menara Eiffel

Share this article
Medali
Ilustrasi Medali Olimpiade Paris 2024/IST

Tahukah kamu bahwa medali olimpiade Paris tahun 2024 terbuat dari potongan logam Menara Eiffel?

Hal itu terungkap dari informasi penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024. Penyelenggara mengumumkan sebanyak 5.084 keping medali yang digunakan pada kompetisi tersebut akan dibuat menggunakan bahan logam yang diambil dari potongan Menara Eiffel, seperti dikutip Antaranews.com

Sebanyak 5.084 medali emas, perak, dan perunggu untuk Olimpiade Paris akan berbentuk kepingan segi enam yang didesain oleh rumah perhiasan Prancis, Chaumet.

“Kami ingin menawarkan kepada semua peraih medali di Olimpiade dan Paralimpiade Paris sepotong Menara Eiffel dari 1889,” kata ketua panitia penyelenggara lokal Tony Estanguet dalam peluncuran desain medali, seperti dikutip dari AFP, Kamis (8/2) waktu setempat.

Baca Juga  Menpora Ajak Peringati Hari Sumpah Pemuda 2023 di Monas

“Itu akan menjadi kombinasi logam paling berharga dari medali emas, perak, dan perunggu dengan logam paling berharga di negara kami, dari harta karun yaitu Menara Eiffel,” tutur dia.

Bangsawan Perancis

Medali yang dirancang Chaumet, rumah perhiasan untuk bangsawan Prancis sejak 1780, menampilkan medali segi enam namun tetap menggunakan latar belakang lingkaran yang berkilau. Desain segi enam juga digunakan untuk menggambarkan kontur daratan Prancis.

Adapun potongan logam untuk medali diambil dari gudang di Paris yang digunakan untuk menyimpan potongan oleh perusahaan pengelola menara setinggi 330 meter itu.

Baca Juga  Panjat tebing Indonesia targetkan dua emas dari Olimpiade 2024 Paris

“Kami mengetahui bahwa selama bertahun-tahun selama pemeliharaan Menara Eiffel, mereka diwajibkan untuk memindahkan beberapa struktur aslinya,” kata Direktur Branding Olimpiade Paris Thierry Reboul.

“Kami menggunakan potongan-potongan ini. Jumlahnya lebih dari cukup,” kata dia, seraya menambahkan bahwa medali itu memiliki bobot sekitar setengah kilogram. Sebelumnya, medali di Olimpiade Tokyo 2020 menggunakan logam daur ulang dari sampah elektronik untuk setiap medali.

 

Editor: Lala Lala/Junita Sianturi

banner 325x300