Politik

Relawan Bolone Mase Siapkan Anggota Awasi Pelaksanaan Pemilu di TPS

32
×

Relawan Bolone Mase Siapkan Anggota Awasi Pelaksanaan Pemilu di TPS

Share this article
Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso bersama Koordinator Relawan Bolone Mase Jateng, Jatim dan Jabar berfoto bersama di acara konsolidasi persiapan anggota Bolone Mase berjaga di setiap TPS, di Solo, Rabu (7/2/2025). Foto: dok
Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso bersama Koordinator Relawan Bolone Mase Jateng, Jatim dan Jabar berfoto bersama di acara konsolidasi persiapan anggota Bolone Mase berjaga di setiap TPS, di Solo, Rabu (7/2/2025). Foto: dok

G24NEWS.TV, JAKARTA – Relawan Bolone Mase mempersiapkan anggotanya untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya pelanggaran.

Anggota relawan yang bertugas TPS akan mulai mengawasi pelaksanaan Pemilihan Umum mulai dari proses pendaftaran dan pemungutan suara hingga perhitungan suara dan pengumuman hasil Pemilu.

Relawan Bolone Mase adalah pendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kami mencegah serta mengantisipasi adanya kecurangan, penggelembungan suara hingga tindak pelanggaran Pemilu lainnya,” jelas Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso, dalam acara konsolidasi Koordinator Relawan Bolone Mase se-Jateng, Jatim dan Jabar, di Suaka Coffe Kerten, Laweyan, Solo, Rabu (7/2/2024).

Pada kesempatan, Kuat Hermawan mengatakan Relawan Bolone Mase di semua wilayah diminta membentuk Satgas Anti-Money Politics yang juga bertugas mengawasi jalannya pemungutan dan penghitungan suara saat berlangsungnya Pemilu tanggal 14 Februari 2024.

Baca Juga  TKN Prabowo-Gibran Gelar Konsolidasi Bertajuk Waktunya Indonesia Maju

“Kami instruksikan teman-teman pada hari tenang, semua Relawan Bolone Mase untuk membuat Satgas Anti-Money Politics. Kami juga instruksikan kepada teman-teman semua untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu,” jelasnya.

Dia menambahkan pihaknya melihat ada potensi kecurangan saat terjadi pencoblosan di TPS di setiap tahapan. Potensi ini, menurutnya, hampir ada di semua wilayah.

“Lakukan pengawasan penyelengaraan Pemilu 2024 di semua jenjang dan tahapannya. Utamanya saat pemungutan dan penghitungan suara. Pastikan jangan sampai ada kecurangan dan permainan,” tandas mantan aktifis pergerakan mahasiswa di era tahun 2000-an itu.

Terjun ke Lapangan

Untuk itu, dia meminta para relawan ikut terjun ke lapangan melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing. Bahkan, saat masa tenang Pemilu, para relawan juga diminta aktif mengamati kondisi di sekitarnya.

Baca Juga  Survei ARCI: Prabowo-Gibran 40,1%, Ganjar-Mahfud 35,9% dan Anies-Muhaimin 22,2%

“Untuk itu, di masa tenang Pemilu semua personel harus siaga di pos masing-masing,” jelasnya.

Pertemuan itu juga membahas berbagai  isu strategis dalam Pemilu 2024 dan agenda pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Pembahasan lain, termasuk checking terakhir kesiapan kami untuk mengikuti Kampanye Akbar di GBK, pada 10 Februari 2024, dimana Relawan Bolone Mase mendapat jatah 5.000 personel untuk ikut dalam kampanye tersebut,” terangnya.

Padahal, menurutnya, kuota yang diberikan relatif kecil jika dibandingkan jumlah kader Relawan Bolone Mase saat ini yang mencapai 235.000 di empat provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

Belum lagi, ujarnya,  jumlah relawan Bolone Mase yang berada di DKI Jakarta, Bekasi, Banten dan kota atau daerah lainnya di luar Jawa.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300