Ekonomi

Wamendag Ungkap 3 Pilar Penting dalam Asean

229
×

Wamendag Ungkap 3 Pilar Penting dalam Asean

Share this article
Wamendag Ungkap 3 Pilar Penting dalam Asean
Wamendag Ungkap 3 Pilar Penting dalam Asean

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan bahwa keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” telah menetapkan 3 pilar penting dalam Asean.

3 pilar penting yaitu pemulihan dan pembangunan kembali, ekonomi digital, dan keberlanjutan.

Hal itu disampaikan saat menjadi pemicara pada Webinar Road to ASEAN Summit 2023 dengan tema Indonesia’s ASEAN Chairmanship 2023: Promoting ASEAN Relevance in Global Market yang berlangsung di Hotel Alila SCBD, Jakarta, Senin (4 Sep).

Potensi ekonomi digital ASEAN dan Indonesia yang sangat besar juga didukung oleh beberapa perjanjian kerja sama di bidang ekonomi digital yang telah dilaksanakan sejak awal tahun 2000-an.

Baca Juga  RI-Vietnam Bidik Kerja Sama Kendaraan Listrik

Negara-negara anggota ASEAN perlu menekankan bahwa semua negara harus dapat berpartisipasi dan memanfaatkan sepenuhnya perdagangan digital dan diperlukan upaya bersama untuk menutup kesenjangan digital.

Salah satu isu yang paling strategis yaitu digitalisasi di mana saat ini masih terdapat disparitas kesiapan digital yang cukup besar di berbagai aspek di Indonesia.

Hal ini sangat krusial mengingat perdagangan digital sangat signifikan untuk membina dan memperbesar akses partisipasi UMKM di pasar modal ekonomi.

Baca Juga  Ini 4 Ide Bisnis Saat Ramadhan 2023, Bisa Auto-cuan Nih

Wamendag berharap melalui forum ini, para panelis dan seluruh peserta dapat memetakan tantangan, hambatan, dan solusi dalam meningkatkan partisipasi Indonesia dalam ekonomi digital dan kemajuan transisi hijau di negara anggota ASEAN.

Webinar Road to ASEAN Summit 2023 ini diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan bersama Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) dan International Trade Analysis and Policy Studies Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University (ITAPS IPB).

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300