Ekonomi

Wamendag Tegaskan Akselerasi PSN Terus Dilakukan

227
×

Wamendag Tegaskan Akselerasi PSN Terus Dilakukan

Share this article
Wamendag Tegaskan Akselerasi PSN Terus Dilakukan
Wamendag Tegaskan Akselerasi PSN Terus Dilakukan

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjelaskan bahwa pemerintah akselerasi PSN atau Proyek Strategis Nasional dilakukan secara berkelanjutan  yang telah memasuki usia delapan tahun sejak pertama kali ditetapkan.

Wamendag mengatakan akselerasi pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara pada Konferensi Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan tema Sustainable Infrastructure Towards Indonesia Emas 2045 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Hingga Juli 2023, tercatat pemerintah telah mengakselerasi pembangunan sebanyak 158 PSN dengan total nilai investasi sebesar Rp1.102,6 triliun.

Baca Juga  PSN Tingkatkan Daya Saing dan Dorong Pemerataan Pembangunan Wilayah

Diharapkan keberhasilan program PSN ini akan memberikan dampak signifikan kepada sektor perdagangan, khususnya mengurangi disparitas harga barang antarwilayah.

Wamendag juga menjelaskan bahwa pemerintah melakukan upaya mengurangi disparitas harga antarwilayah melalui program Tol Laut.

Tol Laut merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam membangun sektor kemaritiman untuk menggerakkan roda perekonomian secara efisien dan merata.

Pembangunan infrastruktur yang tergabung dalam PSN ini akan meningkatkan pemerataan pembangunan. Selain itu juga akan menjaga stabilitas harga barang, meningkatkan kemudahan ekspor-impor, serta membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memperluas akses pasar, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Baca Juga  PSN Jadi Economic Driver Indonesia

Konferensi Sewindu PSN dihadiri Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto; Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wiayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo; dan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Yohan.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300