Kesehatan

Wajib Tahu! Manfaat Tidur Sehat Untukmu

136
×

Wajib Tahu! Manfaat Tidur Sehat Untukmu

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kita bakal bahas tentang tidur yang sehat nih. Pasti kamu pernah denger banyak mitos dan fakta seputar tidur, kan? Nah, kali ini kita bakal bahas yang santai-santai aja, biar gak bosen. Langsung aja, yuk!

1. Mitos: Menggunakan telepon atau gadget sebelum tidur tidak berpengaruh.

Fakta: Menggunakan telepon atau gadget sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidurmu. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berperan dalam pengaturan siklus tidur. Usahakan untuk menghindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

Baca Juga  Olahraga dan Hormon Ini Dapat Membantu Kita Mengusir Stres!

2. Mitos: Banyak tidur di akhir pekan bisa mengganti kekurangan tidur selama weekdays.

Fakta: Sayangnya, tubuh kita tidak bisa begitu saja mengganti kekurangan tidur selama weekdays dengan tidur berlebih di akhir pekan. Kualitas tidur kita tetap penting, dan tidur yang tidak teratur bisa mempengaruhi ritme tidur dan bangun kita.

3. Mitos: Menggunakan bantal tebal membuat tidur lebih nyaman.

Baca Juga  Yanti Airlangga Dorong Kesadaran dan Pemahaman Masyarakat Terhadap Thalasemia

Fakta: Ternyata, menggunakan bantal yang terlalu tebal bisa membuat posisi leher dan tulang belakang tidak nyaman. Pilihlah bantal yang sesuai dengan kebutuhan dan posisi tidurmu.

4. Mitos: Minum kopi sebelum tidur membuat sulit tidur.

Fakta: Tentu saja! Kafein yang terdapat dalam kopi bisa membuat kamu sulit tidur. Lebih baik hindari minum kopi beberapa jam sebelum tidur agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300