HeadlineNasional

Survei LSI: Warga NU dan Muhammadiyah Lebih Sukai Prabowo Subianto 

192
×

Survei LSI: Warga NU dan Muhammadiyah Lebih Sukai Prabowo Subianto 

Share this article
Para ketua Umum Partai anggota Koalisi Indonesia Maju
Para ketua Umum Partai anggota Koalisi Indonesia Maju

G24NEWS.TV, JAKARTA –Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sofa mengatakan ketiga bakal calon presiden saat ini yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bersaing dalam soal tingkat kesukaan di kalangan ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah.

Hasilnya, kesukaan warga NU pada Prabowo sebanyak 79,4 persen, bersaing ketat dengan Ganjar sebesar 79,2 persen. Sedangkan warga NU yang suka pada Anies Baswedan berapa pada angka 72,6 persen, paling rendah di antara kedua bakal calon tersebut. 

Prabowo Subianto adalah calon dari Koalisi Indonesia Maju yang beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gelora. 

Baca Juga  Projo Resmi Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Ganjar Pranowo kini diusung oleh PDIP dan PPP.  Sedangkan Anies Baswedan kini diusung oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).   

“Di NU kesukaan terhadap Prabowo dan Ganjar bersaing ketat. Prabowo mendapat 79,4 persen sedangkan Pak Ganjar 79,2 persen. Selisih 0,2 persen,” ujar Ardian.

Di Muhammadiyah, tingkat kesukaan Prabowo mengungguli kedua bakal calon presiden itu. Bahkan 100 persen responden dari kalangan Muhammadiyah mengaku kenal dengan Prabowo Subianto. 

“Secara sample 100 persen kenal Pak Prabowo, tapi bisa jadi belum seluruhnya karena ada margin of error,” ujar dia. 

Baca Juga  Menapak 59 Tahun Golkar, Bisakah Penuhi Target 20% pada Pemilu 2024?
tingkat kesukaan pada prabowo subianto di kalangan NU dan Muhammadiyah
tingkat kesukaan pada prabowo subianto di kalangan NU dan Muhammadiyah

Warga Muhammadiyah yang suka dengan Prabowo Subianto sebanyak 65 persen, sedangkan Ganjar 62,2 persen dan Anies Baswedan juga disukai oleh warga Muhammadiyah sebanyak 62,2 persen. 

“Akan tetapi persaingan Pak Prabowo dan Pak Anies ada di kesukaan ormas Islam lainnya sama-sama menyentuh angka 95,2 persen. Sedangkan Pak Ganjar juga relatif tinggi sebanyak 89,5 persen,” ujar dia. 

LSI melakukan survei ini pada 1-8 Agustus 2023 lalu dengan metodologi sampling multistage random sampling dengan 1.200 responden dan teknik wawancara tatap muka dengan kuesioner sebagai pengumpulan data.

banner 325x300