Ekonomi

Puteri Komarudin Ajak Pengelolaan Dana Desa Semakin Akuntabel

194
×

Puteri Komarudin Ajak Pengelolaan Dana Desa Semakin Akuntabel

Share this article
Puteri Komarudin Ajak Pengelolaan Dana Desa Semakin Akuntabel
Puteri Komarudin Ajak Pengelolaan Dana Desa Semakin Akuntabel

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin mengajak kepala desa untuk semakin akuntabel dalam pengelolaan dana desa.

Mengingat, anggaran dana desa terus meningkat. Tahun ini, APBN telah menganggarkan Rp70 triliun untuk dana desa. Jumlah ini dialokasikan akan bertambah menjadi Rp80 triliun dalam RAPBN 2024.

“Negara terus memberikan keberpihakan kepada desa untuk dapat menggali potensi yang dimilikinya supaya bisa mengangkat kesejahteraan bagi warganya. Apalagi ternyata selama sewindu pelaksanaan UU Desa, total Dana Desa yang telah dikucurkan negara sudah menyentuh Rp539 triliun. Sungguh angka yang sangat fantastis. Yang apabila tidak dikelola secara akuntabel dan hati-hati, tentu akan sia-sia,” ungkap Puteri.

Baca Juga  Puteri Komaruddin Minta Pemerintah Rumuskan Skema Kredit Rumah Murah

Pada kesempatan ini, Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ahmadi Noor Supit menekankan peran BPK dalam mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan desa di Indonesia melalui akuntabilitas pengelolaan Dana Desa.

“Kami sedang bangun agar rekomendasi BPK tidak hanya berbasis atas kepatuhan. Tetapi juga melihat apakah desanya sudah sejahtera dan mandiri. Jika belum, apa masalahnya dan solusi seperti apa. Rekomendasi harusnya itu. Karena maju tidaknya pembangunan Indonesia itu bergantung pada pembangunan di desa,” ucap Supit.

Hadir memberikan sambutan dalam kegiatan ini, Bupati Kabupaten Purwakarta Anne Ratna Mustika yang menyebutkan anggaran Dana Desa yang dialokasikan kepada Kabupaten Purwakarta mencapai Rp185 miliar untuk 183 desa pada tahun 2023. Menutup keterangannya, Puteri menyampaikan apresiasi kepada BPK yang konsisten memberikan edukasi kepada aparat desa terkait pengelolaan Dana Desa yang akuntabel dan transparan.

Baca Juga  Kadin: Hilirisasi Kunci Maksimalkan Ekonomi Indonesia 

“Kegiatan ini penting supaya kita bisa hati-hati dalam menggunakan Dana Desa dan tidak tergelincir pada penyelewengan. Tapi, semakin fokus digunakan untuk kegiatan yang memang dibutuhkan masyarakat, seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dan infrastruktur desa,” ucap Puteri.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300