Nasional

Pungli Marak di Bekasi, Supir Truk Tanyakan Keberadaan Polisi

208
×

Pungli Marak di Bekasi, Supir Truk Tanyakan Keberadaan Polisi

Share this article
Suasana operasi penangkapan pungli di sepanjang jalan raya Babelan tepatnya diperempatan Kedaung, Kecamatan Babelan Bekasi, Provinsi Jawa barat, Minggu (24/9/23). Foto: bekasiterkini
Suasana operasi penangkapan pungli di sepanjang jalan raya Babelan tepatnya diperempatan Kedaung, Kecamatan Babelan Bekasi, Provinsi Jawa barat, Minggu (24/9/23). Foto: bekasiterkini

G24NEWS.TV, JAKARTA – Akun IG bekasi.terkini memposting kegiatan yang diduga pungutan liar atau pungli yang dilakukan sekelompok orang di jalur sepanjang jalan raya Babelan tepatnya diperempatan Kedaung, Kecamatan Babelan Bekasi, Provinsi Jawa barat, (22/9/23).

Saran pungli yang dilakukan adalah truk-truk barang yang melintasi jalan itu. Pungli tidak hanya dilakukan oleh satu orang di sepanjang jalan.

Bahkan dari video diperlihatkan rata-rata setiap dua meter ada orang yang berbeda manadahkan tangannya kepada supir truk untuk meminta uang.

Rekaman video ini tampaknya dilakukan oleh seorang pengemudi yang sedang melintas di jalan itu.

Baca Juga  Menpora Dito Optimistis Indonesia Bawa Pulang 60 Medali Emas SEA Games 2023

Dalam videonya, disertai dengan narasi “Malakin sopir. Minta 1.000 tinggal bikin satu jari, 2.000 dua jari, 5.000 tinggal bikin lima jari langsung dapat”.

Suara dalam video itu mengeluhkan tindakakan pungli tersebut. Dia mengatakan jika tidak diberikan maka pelaku pungli akan mengancam, bahkan bisa dipukul.

“Gak ngasih? Maki-maki sopirnya. Ngelawan? Gebukin,” kata sopit tersebut.

Di Mana Keberadaan Polisi?

Dalam video tersebut, sang sopir juga mempertanyakan keberadaan Polisi. Dia mempertanyakan apakah Polisi juga mengalami hal yang sama seperti yang dialami pengendara truk, yaitu takut menghadapi pelaku pungli.

“Gak ada berani nangkap sini. Polisi mungkin gak berani nangkap sini nih. Babelan ini, Babelan, Kabupaten Bekasi,” ujar suara di video.

Baca Juga  Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Gelombang 48 Dibuka? Simak Info Terbaru dari Menko Airlangga 

Sementara itu, merespons pertanyaan wartawan atas video ini, Kapolrestro Bekasi Kombes Benediktus Twedi Aditya  Bennyahdi mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi itu sejak Sabtu pagi.

Dia menyampaikan terima kasih atas informasi pungli tersebut, sehinga dapat ditindaklanjuti.

Namun, dia meminta wartawan mengkonfirmasi hal itu kepada Kapolsek Babelan Kompol Maulana Mukarom terlebih dahulu karena Kapolsek adalah pihak yang paling paham soal daerah itu.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

 

 

banner 325x300