Nasional

Pesan Ace Hasan untuk Para Calon Jemaah Haji

251
×

Pesan Ace Hasan untuk Para Calon Jemaah Haji

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily memberikan pesan pada para calon jemaah haji saat melepas para calon jemaah haji kloter 2 asal Cianjur Jawa Barat di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jawa Barat

Didampingi oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Nur Azizah Tamhid mengingatkan para calon jemaah haji untuk fokus dan menjaga konsentrasi guna menyiapkan diri menuju puncak haji di Armuzna (Arafah, Mudzalifah dan Mina).

Penyiapan diri ini penting sebab puncak haji menuntut stamina fisik yang prima.

“Jadi Bapak-bapak dan Ibu-ibu harus ingat bahwa nanti akan ada puncak haji yang memerlukan stamina yang prima. Jadi jangan sampai begitu sampai Mekkah langsung umrah berkali-kali tapi nanti pas puncak haji malah sakit,” ujarnya.

Karena itu pula, Ace yang juga Ketua DPP Golkar Jawa Barat ini berharap para jemaah haji tidak memaksan diri untuk kegiatan ibadah sebelum puncak haji.

Baca Juga  Ace Hasan Setuju Wacana Haji Sekali Seumur Hidup

Itu karena ketahanan fisik perlu tetap dijaga sehingga pada saat puncak haji kondisi fisik masih memadai. “Puncak haji itu antara 8-12 Dzulhijah 1444 H, jadi harus dijaga,” katanya.

Terlebih Ace juga menjelaskan bahwa berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kedutaan Arab Saudi ternyata cuaca di Mekkah bisa mencapai hampir 50 derajat celcius.

Karena itu pula menjaga kondisi fisik menuju puncak haji menjadi sangat penting. “Jaga stamina, banyak minum agar tidak dehidrasi karena cuacanya sangat panas,” ujarnya.

Ace juga menjelaskan bahwa jumlah calon jamaah haji lansia tahun ini mencapai 30 persen atau mencapai 65.879 orang.

Itu berarti akan banyak kerjasama yang dibutuhkan untuk memastikan para lansia ini terjaga kesehatannya dan dapat menunaikan wukuf di Armuzna.

Baca Juga  Ace Hasan Berharap Seluruh Calon Jemaah Haji Jambi Dapat Diberangkatkan

“Tema ibadah tahun ini memang telah disesuaikan dengan jumlah lansia yang banyak, yakni Haji Ramah Lansia,” kata Ace.

Acara pelepasan jamaah haji ini didampingi beberapa Anggota Komisi VIII DPR RI, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu (Sihdu) Jaja Jaelani, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Boy Hari Novian dan Kepala Asrama Haji Embarkasi Bekasi Aep Saepuzaman.

Di akhir sambutannya, Ace meminta para calon jemaah haji untuk menjaga citra dan nama baik Indonesia di mata internasional yang ikut dalam ibadah haji tahun ini di Arab Saudi.

“Jaga citra dan nama baik Indonesia, karena jamaah haji Indonesia terkenal santun, murah senyum dan sabar,” pungkas Ace.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300