Ekonomi

Produk Pertanian Punya Peranan Penting dalam Perdagangan Indonesia-Rusia

216
×

Produk Pertanian Punya Peranan Penting dalam Perdagangan Indonesia-Rusia

Share this article
Produk Pertanian Punya Peranan Penting dalam Perdagangan Indonesia-Rusia
Produk Pertanian Punya Peranan Penting dalam Perdagangan Indonesia-Rusia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengatakan, produk pertanian mempunyai peranan penting dalam perdagangan Indonesia dengan Rusia.

Ekspor utama Indonesia pada tahun 2022 didominasi oleh produk pertanian, termasuk lemak dan minyak hewani atau nabati, karet alam, dan kopi.

Hal itu disampaikan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Deputy Minister of Agriculture of the Rusian Federation, Sergey Levin.

Wamendag Jerry mengatakan bahwa Rusia merupakan salah satu negara yang unggul di bidang pertanian dan telah mencapai kemajuan signifikan di bidang teknologi pertanian dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga  Firman Subagyo Duga Impor Ilegal Pakaian Bekas Diloloskan Mafia di Bea Cukai

Oleh karena itu, peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Rusia menjadi penting.

Penting untuk mengadopsi teknologi dan praktik pertanian modern untuk meningkatkan produktivitas, antara lain dengan memanfaatkan GMO (Genetically Modified Organisms), modernisasi sistem irigasi, dan perbaikan sistem logistik yang menghubungkan produksi pertanian dengan rantai nilai global.

Wamendag berharap hubungan bilateral Indonesia-Rusia akan bergerak ke arah yang benar melalui berbagai inisiatif yang telah ditetapkan dan dapat menjadi platform kerja sama pertanian. Saat ini, kami memiliki Komisi Gabungan Perdagangan, Ekonomi, dan Kerja Sama Teknik serta Kelompok Kerja Perdagangan, Industri dan Investasi. Kedua forum tersebut membahas potensi kerja sama di bidang pertanian, termasuk fasilitasi akses dan pertukaran informasi.

Baca Juga  Bahas Program Pembangunan, Jerry Sambuaga Kunjungi AMPI Riau

Pada tahun 2022, total perdagangan Indonesia dan Rusia sebesar USD 3,6 miliar atau meningkat sebesar 29,72 persen dibandingkan tahun 2021. Meskipun total perdagangan secara keseluruhan meningkat, ekspor Indonesia ke Rusia mengalami penurunan sebesar 7,5 persen dibandingkan tahun 2021.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300