Nasional

Legislator Golkar Beri Masukan Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global

252
×

Legislator Golkar Beri Masukan Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Share this article
Legislator Golkar Beri Masukan Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global
Legislator Golkar Beri Masukan Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global

G24NEWS.TV, JAKARTA  – Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo memberi masukan hadapi ancaman krisis pangan global.

Dia mengingatkan, salah satunya yakni pemerintah mengoptimalkan program petani. Tujuannya, demi meningkatkan produktifitas pangan nasional.

“Saat ini dunia bakal mengalami kris pangan, khususnya beras. Produksi beras dunia diprediksi bakal turun ke tingkat terendah.  Ngeri ancaman krisis pangan dunia semakin nyata,” ujar Firman.

Anggota Komisi IV DPR ini lantas mengutip data analisis terbaru Fitch Solution.

Baca Juga  Ini 4 Alasan Ridwan Kamil Gabung Golkar: Simbol Partai Tengah

Dalam laporan Fitch Solutions Country Risk & Industry Research, pasar beras global mencatat kekurangan terbesarnya dalam dua dekade pada tahun 2023.

Kekurangan beras global untuk 2022/2023 mencapai 8,7 juta ton sementara di 2023/2024, angka defisit mencapai 18,6 juta ton.

“Kalau ini terbukti, import semua produksi dunia akan merosot tajam. Itulah pentingnya swasemba dan inovasi pangan untuk melakukan riset-riset subtitusi pangan dan membudayakan budaya makanan lokal untuk antisipasi krisis pangan,” ucap Firman.

Selain itu, menurut Waketum Partai Golkar ini, semua pruduksi masing-masing negara produsen merosot. Semua negara akan memprioritaskan cadangan pangan nasionalnya.

Baca Juga  Berkunjung ke Partai Golkar, Gloria Macapagal Arroyo Bagi Pengalaman Atasi Krisis Pangan

“Mereka akan berusaha mencukupi kebutuhan negaranya masing-masing. Efeknya export import akan merosot rajam,” tegas Firman.

Untuk mengantisipasi hal ini, Waketum DEPINAS SOKSI ini mendesak, pemerintah agar tidak telat dalam merespon berkurangnya pangan dunia.

“Sudah saatnya program-program petani harus dioptimalkan dengan baik oleh pemerintah,” tutup Firman.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300