Politik

Kurangi Risiko Bencana, Ace Hasan Minta Pelaku Usaha Perhatikan Tata Ruang Bandung

160
×

Kurangi Risiko Bencana, Ace Hasan Minta Pelaku Usaha Perhatikan Tata Ruang Bandung

Share this article
Ketua DPD Partai Golkar Jabar Ace Hasan Syadzili. Foto: Ist
Ketua DPD Partai Golkar Jabar Ace Hasan Syadzili. Foto: Ist

G24NEWS.TV, BANDUNG – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar Ace Hasan Syadzily menyampaikan agar pelaku usaha di Kabupaten Bandung Barat memperhatikan tata ruang untuk mengurangi resiko bencana.

“Tata ruang menjadi hal penting karena Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah yang rawan bencana,” jelas Ace pada acara Fasilitasi Lembaga Usaha Dalam Penanggulangan Bencana Bussiness Continuity Plan (BCP), Jumat (3/11/2023) di Belviu Hotel, Bandung.

Pada kesempatan itu, Ace juga mengajak sinergi untuk penanggulangan bencana. Menurutnya, penanggulangan tidak bisa dilakukan Pemerintah saja, tetapi juga melibatkan masyarakta termasuk dunia usaha.

“Pelaku usaha harus juga memperhatikan tata ruang. Kalau mau usaha, cari tempatnya harus safety (aman). Salah satu masalah dalam hal tata ruang, itu lebih mementingkan ekonomi ketimbang keselamatan. Jadi penting sekali tata ruang kita memperhatikan aspek potensi bencana”, kata Ace.

Baca Juga  Pengamat Politik: Suara Golkar Bisa Melonjak di Pemilu 2024

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi, bahwa kesiapsiagaan itu bukan hanya masyarakat, tetapi juga dunia usaha. Dunia usaha harus jadi pilar dalam penanggulangan bencana”.

‘Dunia harus memiliki kesadaran yang sama,” lanjut Wakil Rakyat Daerah Pemilihan Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu.

Selanjutnya, Ace menyampaikan pentingnya nilai-nilai dari kearifan lokal dilakukan dalam rangka penanggulangan bencana.

Baca Juga  BSNPG Siap Kawal Perolehan Suara Partai Golkar

Dia mencontohkan bahwa orang-orang tua dulu telah membuat lumbung-lumbung padi di desa-desa. Hal itu dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan pada saat musim paceklik, sehingga stok padi masih tersedia.

Politisi Partai Golkar itu juga menyinggung kekeringan yang melanda Indonesia hari ini. Ace pun meminta BPBD Kabupaten Bandung Barat untuk menyediakan mobil tangki pengangkut air bersih bagi desa-desa yang mengalami kesulitan air.

“Akibat perubahan iklim, itu dampaknya luar biasa. Kekeringan juga terjadi di Bandung Barat, masyarakat di beberapa tempat mengalami kesulitan air,” pungkas Ace.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300