Kesehatan

Kupas Tuntas 5 Mitos Kesehatan Mental! Apa Fakta Yang Sebenarnya?

266
×

Kupas Tuntas 5 Mitos Kesehatan Mental! Apa Fakta Yang Sebenarnya?

Share this article
Konseling
Ilustrasi konseling mental/Photo by SHVETS production: https://www.pexels.com/photo/crop-psychologist-supporting-patient-during-counseling-indoors-7176325/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Banyak mitos dan informasi salah mengenai kesehatan mental tersebut. Bahkan, tidak jarang justru menjadi aib! Padahal, menjaga kesehatan mental sangat esensial bagi kita. Nah, agar tidak terjadi kesalahpahaman lagi, artikel kali ini akan mengupas tuntas mitos tentang kesehatan mental. Yuk simak sampai habis pembahasan ini supaya pikiranmu tenang karena menjaga pikiran sama dengan berarti menjaga mental.

  1. Mitos: Psikolog atau psikiater hanya untuk orang gila

Fakta: Kesehatan mental itu penting untuk semua orang. Jadi, jangan berpikir seperti itu! Sebagai manusia, sangat manusiawi bagi kita untuk mengalami stress. Bahkan, terkadang perlu bantuan profesional untuk mengatasi hal tersebut. Maka, bukan orang yang termasuk kategori gila saja yang memerlukan psikolog atau psikiater, kita juga perlu. Jangan lagi malu untuk mencari bantuan dari ahli ya!

  1. Mitos: Orang dengan masalah mental berarti lemah

Fakta: Mitos ini salah! Karena setiap orang bisa mengalami masalah mental. Akan ada suatu titik di hidup kita dimana kita mengalami masalah mental dan hal tersebut tidak berarti kita lemah. Sebaliknya, dengan menyadari, mengakui dan mencari bantuan berarti kita memiliki kekuatan. Jadi, jangan ragu untuk melakukan konseling tentang kesehatan mentalmu!

  1. Mitos: Kesehatan mental tidak penting, hanya kesehatan fisik yang penting

Fakta: Keliru! Kesehatan mental dan fisik sama pentingnya, karena keduanya merupakan bagian dari diri kita! Keduanya saling berkaitan dan mempengaruhi kualitas hidup kita. Kesehatan mental yang tidak terjaga, berdampak negatif pada fisik kita, begitu juga sebaliknya. Jadi, selalu perhatikan kesehatan mentalmu, ya!

  1. Mitos: Obat masalah mental hanyalah obat-obatan

Fakta: Salah besar! Terlalu banyak mitos yang menyebutkan bahwa orang dengan masalah mental sangat bergantung pada obat-obatan. Padahal, masalah mental juga dapat diatasi dengan pendekatan lain yang efektif, seperti meditasi, olahraga, terapi bicara, bahkan menekuni hobi yang kita sukai. Obat-obatan memang diperlukan, tapi itu tidak menjadi satu-satunya jalan keluar. Semuanya tergantung pada kasus dan kondisi setiap individunya.

  1. Mitos: Hanya masalah mental serius yang butuh perhatian

Fakta: Salah lagi! Kesehatan mental harus diperhatikan sedini mungkin. Justru jangan dibiarkan serius dulu baru diperhatikan. Ingat, akar akan lebih mudah dicabut ketika baru tumbuh, namun akan sulit dicabut jika sudah menjadi pohon. Semua orang layak untuk mentalnya diperhatikan, tidak hanya mereka yang menghadapi masalah serius. Merawat kesehatan mental sama pentingnya seperti merawat kesehatan fisik. Maka dari itu, kita perlu merawat mental kita dengan melakukan kegiatan yang menenangkan pikiran, mengelola stres, dan menjaga keseimbangan emosional. Jadi, jangan menunda-nunda untuk merawat kesehatan mental ya!

Baca Juga  Prabowo: Kementerian Pertahanan Berinisiatif Penuhi Layanan Kesehatan Anggota TNI dan Masyarakat

Nah, itulah hasil pembahasan beberapa mitos mengenai kesehatan mental. Sekarang setelah kamu sudah tau faktanya, jangan ragu-ragu untuk turut membagikan dan mengedukasi orang di sekitarmu mengenai kesehatan mental! Jangan ragu untuk mencari bantuan, bicaralah dengan orang terdekat jika merasa perlu. Kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jaga pikiran dan jangan lupa bahagia!

banner 325x300