Nasional

KPU, Polri dan TNI Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024

344
×

KPU, Polri dan TNI Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024

Share this article
KPU, Polri dan TNI Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024
KPU, Polri dan TNI Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024

G24NEWS.TV, JAKARTA –  KPU, Polri dan TNI bersinergi dan bekerja sama dalam sukseskan Pemilu 2024 dalam hal keamanan dan pengamanan.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Hasyim Asy’ari saat hadir sebagai narasumber kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Polri Tahun 2023 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Jumat (7/7/2023).

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama menurut Hasyim seperti jumlah pemilih pada Pemilu 2024 yang mencapai 204,8 juta pemilih.

Yang untuk dalam negeri akan ada 820.161 TPS di 83.731 desa/kelurahan serta 7.277 kecamatan.

Jumlah ini tentunya akan berkorelasi dengan pola keamanan dan pengamanan yang akan dilakukan Polri dan TNI khususnya pada saat hari H pemungutan suara maupun pada saat distribusi logistik.

Baca Juga  Doli Kurnia Harap UU ASN Ciptakan Birokrasi yang Profesional

Terlebih menurut Hasyim dalam ketentuan Pasal 341 Ayat (8) UU 7/2017 tentang Pemilu menyebut bahwa dalam pendistribusian dan pengamanan perlengkapan pemungutan suara, KPU dapat bekerja sama dengan Pemerintah, pemerintah daerah, TNI, dan Polri.

Khusus TNI ketika pendistribusian ke daerah-daerah yang masuk kategori 3T (Tertinggal. Terluar, dan Terdepan).

Hal lain yang juga perlu dicermati adalah proses produksi logistik yang biasanya KPU akan meminta dukungan keamanan dan pengamaman.

Untuk Pemilu 2024, KPU menurut Hasyim setidaknya memiliki 2.600 ragam desain surat suara, yang dibuat sesuai dengan jumlah daerah pemilihan.

Untuk dapil sendiri terdiri dari 84 dapil DPR, 301 dapil DPRD Provinsi dan 2.325 dapil DPRD Kab/Kota.

Dari keseluruhan yang disampaikan tersebut, satu hal yang menjadi penekanan adalah tahapan pemilu harus berjalan sesuai yang telah diatur baik dalam UU pemilu maupun Peraturan KPU.

Baca Juga  Pertahankan Nomor Urut 4, Airlangga Hartarto : Angka Empat Sesuai dengan Visi dan Tujuan Golkar

Dan KPU telah menentukan hari pemungutan suara pemilu jatuh pada 14 Februari 2024.

“Jadwal pemilu sangat padat sekali, karena begitu bergeser sedikit, target yang ditentukan itu tidak dapat terpenenuhi. Sedangkan apabila target yang ditentukan tidak terpenuhi itu akan terjadi kekosongan kekuasaan, oleh karena itu segala sesuatu harus dihitung, dipersiapkan dengan matang, ujar Hasyim.

Hadir menjadi narasumber lainnya Asops Kapolri, Wakabaintelkam Polri dan Asops Panglima TNI dengan para peserta Musrenbang Polri 2023 para Kepala Kepolisian Daerah seluruh Indonesia.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300