Lifestyle

Ini Produk Paling Banyak Dicari Masyarakat, Bisa Jadi Ide Bisnis Online

165
×

Ini Produk Paling Banyak Dicari Masyarakat, Bisa Jadi Ide Bisnis Online

Share this article
Ilustrasi ide bisnis online
Ilustrasi ide bisnis online

G24NEWS.TV, JAKARTA — Saat ini dunia bisnis dimudahkan dengan platform digital. Siapapun bisa merintis usaha lewat platform digital karena adanya pergeseran kebiasaan konsumen yang cenderung berbelanja online.

Kali ini, kami sajikan tiga kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat di platform jual-beli selama semester I 2023, simak ya!

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega, mengungkapkan bahwa Fashion, Olahraga dan Hobi serta Elektronik menjadi kategori produk yang paling dicari masyarakat di Tokopedia.

Tiga kategori produk tersebut paling banyak dicari masyarakat di Tokopedia selama Semester I 2023.

Tokopedia
Tokopedia

“Tren pencarian ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM, yang ingin mulai jualan online di Tokopedia,” ungkap Antonia dalam keterangan tertulisnya.

1. Fashion

Kementerian Perindustrian RI mengungkapkan pada 2023, ekonomi kreatif berkontribusi sebesar 7,8% terhadap perekonomian nasional.

Salah satu kontributor terbesarnya berasal dari industri subsektor fesyen dan kriya.

Tokopedia mencatat beberapa produk fesyen seperti sneakers, kaos, kemeja dan jaket, serta jam tangan analog menjadi produk yang paling banyak dicari.

Baca Juga  15 Inspo Gaya Hijab Modern untuk Kamu Coba, Keren!
Ilustrasi fashion
Ilustrasi fashion

Oleh karena itu, pelaku UMKM atau siapapun yang ingin berkecimpung di dunia bisnis dapat mengambil peluang dengan produk fesyen.

“Penjual juga bisa menggunakan fitur Bundling Product untuk menggabungkan beberapa produk dalam satu paket jualan dengan harga yang lebih terjangkau,” kata Antonia.

Menurutnya, dengan hadirnya fitur tersebut, pembeli dapat terdorong untuk berbelanja lebih banyak.

Antonia juga menyebut teknologi machine learning dari Tokopedia juga dapat merekomendasikan produk mana yang cocok untuk digabungkan dengan fitur Bundling Product.

2. Olahraga dan Hobi

Tak hanya kategori produk fesyen, sepanjang Semester I 2023, produk yang berkaitan dengan onderdil sepeda menjadi yang paling banyak dicari masyarakat.

Ilustrasi sepeda
Ilustrasi sepeda

Selain itu, produk hobi juga semakin digandrungi masyarakat. Hal ini terbukti dari produk hobi seperti action figure, diecast mobil, permainan trading card dan mecha model, paling banyak dicari masyarakat di kategori Olahraga dan Hobi di Tokopedia.

Baca Juga  4 Jadwal Tulus Tur Manusia 2023 dan Cara Beli Tiket

Pelaku usaha maupun UMKM lokal dapat mengikuti kampanye Tokopedia Sportacular Shopaton.

Kampanye tersebut dapat diikuti untuk mendapatkan exposure lebih terhadap produk olahraga yang dijual.

Tak hanya itu, kampanye lain dari Tokopedia yang dapat membantu pelaku usaha untuk mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk hobi adalah Tokopedia Funstation.

3. Elektronik

Kategori produk elektronik juga menjadi yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia di Semester I 2023.

Produk-produk tersebut seperti Handphone Android, iOS, laptop dan aksesoris pendukungnya.

Ilustrasi elektronik
Ilustrasi elektronik

Produk-produk itu merupakan perangkat mobile yang memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi.

“Pelaku usaha dari berbagai skala dapat memanfaatkan beragam kanal promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia Marketing Solutions, misalnya fitur beriklan TopAds,” kata Antonia.

Melalui fitur beriklan tersebut, produk bisa tampil teratas di halaman pencarian. Modalnya mulai dari Rp250.

Itulah tiga produk yang paling banyak dicari masyarakat di Tokopedia. Semoga bisa jadi ide bisnis online yang dapat Anda jalankan!

Semoga sukses!

banner 325x300