Ekonomi

Indonesia Mulai Ikuti Tahap Seleksi Masuk OECD

137
×

Indonesia Mulai Ikuti Tahap Seleksi Masuk OECD

Share this article
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann, di Jakarta, pekan ini. FotoL Kemenko Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann, di Jakarta, pekan ini. FotoL Kemenko Perekonomian

G24NEWS.TV, JAKARTA – Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mulai membuka diskusi aksesi dengan Indonesia untuk proses Indonesia menjadi anggota organisasi negara-negara maju itu.

Keputusan tersebut mengikuti penilaian oleh anggota OECD berdasarkan evidence-based Framework for the Consideration of Prospective Members.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann bertemu untuk membahas hal ini di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Airlangga mengatakan keputusan untuk membuka diskusi aksesi juga menjadi kelanjutan dari peningkatan keterlibatan dan kerja sama Indonesia sebagai salah satu negara Mitra Utama OECD sejak tahun 2007 lalu.

Sebagai forum yang menekankan pentingnya kolaborasi dan menyusun standar global, OECD sendiri hingga kini telah menjadi mitra strategis Pemerintah dalam upaya melahirkan kebijakan nasional yang progresif dan globally accepted.

Baca Juga  Airlangga Kunjungi Warga Tanjung Banon di Pulau Rempang

“Keputusan Anggota OECD hari ini adalah sesuatu yang bersejarah. Pengajuan dari Indonesia adalah yang pertama di Asia Tenggara, salah satu kawasan dengan pertumbuhan paling dinamis di dunia. Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Indonesia adalah pemain global yang signifikan, memberikan kepemimpinan yang penting di kawasan ini dan sekitarnya,” ungkap Sekjen Cormann.

Manfaat Bagi Indonesia

Lebih lanjut, Sekjen Cormann menyampaikan bahwa keputusan untuk membuka diskusi aksesi tersebut akan memberikan manfaat bagi Indonesia OECD.

Baca Juga  Menko Airlangga: Kerja Sama Kunci Pencapaian Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan

Melalui diskusi aksesi, OECD berharap akan dapat memberikan dukungan bagi Indonesia dalam melanjutkan upaya reformasi untuk mencapai visi menjadi negara maju dengan pendapatan per kapita minimal USD30.300 pada tahun 2045.

Di samping itu, Sekjen Cormann juga berharap bahwa keterlibatan Indonesia dalam proses aksesi tersebut juga akan membantu memperkuat relevansi dan dampak global OECD.

Sejalan dengan hal tersebut, Menko Airlangga juga telah menyampaikan bahwa proses aksesi tersebut diharapkan dapat menjadi katalisator untuk mendorong peningkatan pendapatan per kapita Indonesia.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300