LifestyleLingkungan

Hari Sungai Nasional 2023, Ini 4 Wisata di Sungai Indonesia yang Patut Dicoba

398
×

Hari Sungai Nasional 2023, Ini 4 Wisata di Sungai Indonesia yang Patut Dicoba

Share this article
Sungai Kali Biru di Raja Ampat, salah satu destinasi wisata sungai yang patut dicoba
Sungai Kali Biru Raja Ampat

G24NEWS.TV, JAKARTA — Tanggal 27 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sungai Nasional. Sungai merupakan elemen penting bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. Oleh karena itu, sejak awal peradaban, kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari sungai.

Sungai juga memiliki fungsi penting bagi alam, di antaranya sebagai pendukung utama kehidupan flora dan fauna.

Indonesia memiliki banyak sungai dengan beragam manfaat, salah satunya bagi pariwisata. Ini 4 sungai di Indonesia yang jadi tempat wisata, simak ya.

1. Sungai Asahan

Pertama, Sungai Asahan terletak di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara yang menjadi destinasi wisata incaran bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sungai Asahan terkenal dengan wisata arung jeram karena masuk dalam spot arung jeram terbaik di dunia.

Wisata arung jeram di Sungai Asahan Sumatera Utara
Wisata arung jeram di Sungai Asahan Sumatera Utara

Tenang saja, kamu gak perlu khawatir berwisata arung jeram disini karena kamu bisa pilih spot dan level jeram sesuai kemampuan.

Tak hanya spot arung jeram, kamu juga bisa menikmati pemandangan tebing dan air terjun di Sungai Asahan.

2. Sungai Kali Biru Raja Ampat

Kali Biru di Raja Ampat dijuluki sebagai surga kecil yang tersembunyi di tengah hutan. Sungai ini terletak di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit, Raja Ampat.

Baca Juga  Yuk Jaga Kelestarian Sungai di Hari Sungai Nasional 27 Juli!

Untuk menuju ke Sungai Kali Biru, wisatawan harus menyewa perahu ke warga lokal dan menempuh perjalanan menyusuri sungai selama 15 menit.

Sungai ini memiliki air biru yang sangat jernih hingga dasar sungai terlihat jelas.

Sungai Kali Biru di Raja Ampat
Sungai Kali Biru di Raja Ampat

Selain airnya yang sejernih kristal, suhu air di Kalibiru juga sangat dingin. Walaupun terkena sinar matahari, suhunya mencapai 10-20 derajat celcius.

Meski memiliki air yang sangat dingin, ketika berada di muara sungai, suhu air sungai ini sedikit hangat.

3. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas terletak di Pontianak, Kalimantan Barat dan melewati lima kabupaten. Sebagai salah satu sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas menawarkan banyak keindahan yang dapat dinikmati 24 jam.

Wisatawan dapat menghabiskan waktu sambil duduk bersantai dengan panorama sungai yang membentang sepanjang mata melihat.

Kapal wisata di Sungai Kapuas saat sore hari
Kapal wisata di Sungai Kapuas saat sore hari

Berbagai wahana permainan yang disediakan dapat dicoba mulai dari susur sungai dengan kapal wisata, mengunjungi situs budaya dan religi maupun menikmati keindahan matahari terbenam.

4. Sungai Kali Cokel Pacitan

Sungai Kali Cokel berlokasi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Sungai dengan panjang 4 km ini  menawarkan keindahan alam yang eksotis.

Baca Juga  Ini Manfaat Sungai di Indonesia Bagi Kehidupan

Sungai Kali Cokel bersumber dari sungai bawah tanah di Luweng Jarang yang merupakan salah satu goa vertikal di Pacitan.

Wisatawan dapat mengunjungi Sungai Kali Cokel di Pacitan dengan berkendara selama satu jam dari pusat kota yang berjarak 25 km.

Wisata susur Sungai di Kali Cokel Pacitan dengan menggunakan perahu
Wisata susur Sungai di Kali Cokel Pacitan dengan menggunakan perahu

Wisata susur sungai di Kali Cokel yang bermuara di Pantai Watu Karung dapat dilakukan dengan menggunakan perahu sambil menikmati keindahan jajaran pohon kelapa di sepanjang sungai.

Sungai Han di Korea Selatan
Sungai Han di Korea Selatan

Selain 4 sungai di atas, ada sungai di Korea Selatan yang terkenal dengan wisatanya yaitu Sungai Han.

Sungai ini terbentuk akibat pertemuan dari Sungai Namhan (Sungai Han Selatan), yang bermata air di Gunung Daedeok, dan Sungai Bukhan (Sungai Han Utara), yang berhulu dari lembah Gunung Geumgang di Korea Utara.

Sungai Han memiliki panjang 514 km ini menjadi ikon tujuan wisata di Korea Selatan yang menawarkan berbagai aktivitas dan kegiatan pariwisata.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan saat mengunjungi Sungai Han mulai dari piknik di taman sekitar sungai, jogging hingga berkemah.

banner 325x300