Nasional

Yuk Jaga Kelestarian Sungai di Hari Sungai Nasional 27 Juli!

170
×

Yuk Jaga Kelestarian Sungai di Hari Sungai Nasional 27 Juli!

Share this article
SUNGAI
Ilustrasi sungai/Photo by Tom Fisk: https://www.pexels.com/photo/green-trees-2666806/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hari ini kita bakal bahas sesuatu yang keren banget yaitu Hari Sungai Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Juli. Nggak nyangka ya, ternyata sungai juga punya hari perayaan sendiri. Nah, kali ini kita bakal bahas mengenai pentingnya sungai dan bagaimana kita bisa menjaga dan melestarikannya. So, siap-siap dengerin cerita seru seputar sungai!

Peran Sungai

Pertama-tama, mari kita bicarakan mengapa sungai itu penting. Sungai adalah jalur transportasi alami yang udah digunakan manusia sejak jaman dulu. Dulu banget, sungai jadi tempat perdagangan, transportasi, dan sumber kehidupan masyarakat. Selain itu, sungai juga berperan penting dalam siklus air, mengalirkan air hujan dari pegunungan ke laut.

Tapi, nggak cuma itu aja. Sungai juga punya peran dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Di sekitar sungai, banyak banget tumbuhan dan hewan yang hidup. Banyak jenis ikan, burung, dan hewan air lainnya yang tergantung pada keberadaan sungai. Jadi, sungai juga punya peran penting dalam menjaga keanekaragaman hayati.

Baca Juga  Fadel Muhammad Doakan Indonesia Damai Jelang Tahun Politik 2024

Kondisi Sungai Kita

Namun sayangnya sungai kita nggak semuanya dalam kondisi baik. Banyak sungai yang mengalami pencemaran dan kerusakan akibat limbah industri, sampah, dan polusi lainnya. Hal ini tentunya berdampak buruk pada ekosistem sungai dan kualitas air yang ada di dalamnya.

Cara Menjaga Kelestarian Sungai

Oleh karena itu, kita perlu ikut serta dalam menjaga dan melestarikan sungai. Bagaimana caranya? Pertama, kita bisa mulai dari diri sendiri dengan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dan membuang sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah sembarangan, apalagi langsung ke sungai ya.

Selain itu, kita juga bisa ikut serta dalam kegiatan pembersihan sungai dan reboisasi di sekitar sungai. Misalnya, ikut dalam program penghijauan atau penanaman pohon di tepian sungai. Hal ini akan membantu menjaga kestabilan sungai dan mengurangi erosi tanah.

Selain itu, kita juga bisa turut serta dalam kampanye dan aksi sosial yang mendukung kebersihan dan kelestarian sungai. Bisa ikut dalam kegiatan penggalangan dana untuk program konservasi sungai, atau menjadi sukarelawan dalam kegiatan pemantauan kualitas air sungai.

Baca Juga  Christina Aryani: Presiden Perlu Bawa Masalah PMI di KTT ASEAN

Selain itu, kamu juga bisa ikut serta dalam edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya menjaga sungai. Bisa membuat kampanye melalui media sosial, mengadakan seminar atau diskusi, atau bahkan membuat karya seni yang mengangkat tema sungai dan kebersihannya.

Jadi, mari kita jaga dan lestarikan sungai kita dengan segala upaya yang kita miliki. Kita bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar sungai dan mengurangi polusi. Setiap tindakan kecil kita akan berdampak besar bagi keberlangsungan sungai dan ekosistemnya.

Jangan lupa, setiap tanggal 27 Juli mari kita merayakan Hari Sungai Nasional sebagai bentuk apresiasi kita terhadap keindahan dan manfaat sungai. Bersama-sama, kita bisa menjaga sungai kita agar tetap bersih, sehat, dan lestari. Yuk, jaga sungai, jaga alam, dan jaga masa depan bumi kita! Selamat Hari Sungai Nasional!

banner 325x300