Kesehatan

Baru Tau! 7 Alasan Musik Bermanfaat Bagi Kesehatan

240
×

Baru Tau! 7 Alasan Musik Bermanfaat Bagi Kesehatan

Share this article
Kaset musik
Ilustrasi kaset musik/Photo by Ashutosh Sonwani: https://www.pexels.com/photo/person-doing-tricks-on-cassette-tape-1762578/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Musik sudah menjadi bagian dari hidup kita. Setiap momen pasti ada lagu yang cocok, dari menghibur hingga membuat suasana terasa lebih hidup. Ternyata, musik juga punya manfaat bagi kesehatan kita. Bersama artikel ini, kita akan bahas bersama apa saja manfaat musik untuk kesehatan kita!

  1. Meningkatkan suasana hati

Saat dengerin musik yang upbeat, pasti tubuh kita tergerak untuk berjoget, dan saat dengerin lagu romantis hati kita jadi terasa meleleh. Hal ini disebabkan musik mampu mempengaruhi suasana hati kita. Lagu-lagu yang ceria bisa membuat kita lebih bersemangat dan berenergi, sementara lagu-lagu yang lembut dan romantis bikin hati kita merasa tenang dan hangat.

  1. Meningkatkan kreativitas

Kalau sedang blocking, tidak kepikiran ide apapun, musik bisa merangsang otak kita untuk berimajinasi. Sehingga ketika sedang mencari inspirasi atau ingin mengekspresikan kreativitas kita, musik menjadi teman yang cocok untuk membuka pintu bagi ide-ide baru. Jadi, ketika sedang menulis, melukis, atau berkreasi dalam bidang apapun, jangan lupa untuk mendengarkan musik favoritmu ya!

  1. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Ketika kita kesulitan untuk berkonsentrasi dan fokus, musik bisa jadi penyelamat kita. Irama musik yang stabil dan tanpa lirik bisa membantu kita untuk lebih fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Jadi, kalo perlu konsentrasi ketika lagi mau belajar, kerja, atau melakukan tugas, coba sambil dengerin musik instrumental dengan irama yang tenang.

  1. Mengurangi stres dan kecemasan

Saat kita mendengarkan musik yang kita sukai, otak kita memproduksi hormon endorfin yang bisa bikin menghasilkan perasaan bahagia dan rileks. Jadi, pas lagi down atau tegang, cobalah dengerin lagu-lagu favoritmu dan rasakan betapa efektifnya musik dalam mengurangi stres.

  1. Meningkatkan tidur yang berkualitas

Mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur bisa membantu kita merilekskan pikiran dan tubuh, mengurangi stres, dan mempersiapkan kita untuk tidur yang berkualitas. Hal ini bisa membantu ketika kita sedang kesulitan tidur atau mengalami insomnia. Cobalah untuk memilih lagu-lagu dengan irama yang lembut dan tempo yang lambat untuk menciptakan suasana yang tenang.

  1. Meningkatkan performa olahraga

Musik selalu menjadi pendamping setia yang cocok dalam sesi olahragamu. Musik dengan tempo yang cepat dan energik bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan fisik kita. Selain itu, musik juga bisa mengalihkan perhatian dari rasa lelah saat kita sedang berolahraga. Jadi membuat kita lebih semangat dan tahan lebih lama!

  1. Meningkatkan hubungan sosial

Musik adalah bahasa universal yang bisa menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang. Ketika kita mendengarkan musik bersama teman-teman atau menghadiri konser musik artis favorit, kita bisa merasakan kebersamaan kemudian saling terhubung. Ini karena musik bisa menjadi topik pembicaraan yang menyenangkan dan membantu mempererat hubungan sosial.

Baca Juga  Ternyata Olahraga Beri 6 Manfaat Ini Buat Mental Juga Loh!

Nah, sekarang kita tahu bahwa mendengarkan musik bukan hanya untuk hiburan semata, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Musik adalah sumber kebahagiaan yang selalu siap menemanimu, jadi apapun genre musik yang kamu sukai, jangan ragu untuk menghidupkan musik dan menikmati manfaatnya dalam kehidupanmu sehari-hari!

banner 325x300