Lifestyle

Bangga, 8 Kuliner Nusantara yang Mendunia

270
×

Bangga, 8 Kuliner Nusantara yang Mendunia

Share this article
martabak
Ilustrasi martabak/https://pin.it/6dO6Lp7

G24NEWS.TV, JAKARTA – Siapa sih yang nggak suka makanan tradisional Indonesia? Pasti pada ngefans dengan kelezatannya yang bikin nagih dan bikin nagih terus! Tapi tahu nggak, rasa makanan tradisional kita ini nggak cuma bikin lidah kita bergoyang, tapi juga bikin dunia tergoyang. Jadi, ceritanya ada banyak makanan tradisional Indonesia yang berhasil ngeksport rasa lezatnya sampai ke mancanegara, dan sekarang makanan kita udah jadi warga dunia!

Biar nggak penasaran, yuk kita simak kisah perjalanan rasa makanan tradisional Indonesia yang menggoyang dunia!

  1. Rendang

Nggak usah ditanya lagi, Rendang ini makanan ikonik Indonesia yang udah mendunia. Penganan daging yang dimasak dalam santan dan bumbu rempah ini berhasil mencuri perhatian dunia dan dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN. Nggak hanya itu, pada tahun 2018 lalu, UNESCO juga mengakui Rendang sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Ciamik banget kan?

  1. Nasi Goreng

Siapa yang nggak kenal sama makanan yang satu ini? Nasi goreng emang jadi menu andalan di warung-warung makan di Indonesia. Tapi siapa sangka, nasi goreng ini udah punya banyak varian di berbagai negara. Ada Nasi Goreng Pattaya dari Thailand, Nasi Goreng Kampung dari Malaysia, dan banyak lagi. Pokoknya, nasi goreng ini udah jadi sajian favorit di banyak belahan dunia.

  1. Sate

Siapa yang suka makan sate? Sate ini sebenernya populer di banyak negara Asia Tenggara, dan mungkin salah satunya adalah karena pengaruh makanan tradisional Indonesia. Di Malaysia, kita bisa menemukan Sate Kajang yang legendaris. Bahkan di Belanda, ada Sate Ayam yang juga punya banyak penggemar. So, jangan meremehkan kelezatan sate dari Indonesia ya!

  1. Gado-Gado

Buat yang suka makan sayur, Gado-Gado jadi pilihan yang pas! Nggak cuma enak, tapi juga sehat. Gado-gado udah populer di luar negeri, terutama di Belanda, karena pengaruh kolonial masa lampau. Makanan ini juga sering jadi menu vegetarian yang digemari di berbagai negara.

  1. Soto

Kalau nggak makan soto, makan apaan coba? Soto udah banyak varian di Indonesia, dan beberapa di antaranya juga udah dikenal di luar negeri. Di Singapura, kita bisa menikmati Soto Ayam yang mirip dengan yang kita punya. Rasanya yang segar dan gurih bikin soto jadi cocok buat menghangatkan perut di segala cuaca.

  1. Martabak

Kalau ngomongin martabak, pasti yang ada di pikiran kita adalah martabak manis atau martabak telur. Martabak ini ternyata udah menyebar di beberapa negara Asia seperti Malaysia dan Singapura, dengan nama masing-masing tentunya. Rasanya yang unik dan teksturnya yang kenyal bikin martabak jadi favorit di mana-mana.

  1. Durian durian 

Kalau ngomongin durian, reaksinya pasti beragam. Ada yang suka banget, ada yang nggak tahan sama baunya. Tapi durian ini ternyata juga populer di beberapa negara Asia Tenggara. Di Thailand, durian sering dijadikan bahan untuk membuat es krim atau makanan manis lainnya. Jadi, buat yang doyan durian, udah banyak negara yang bisa jadi destinasi kulinermu!

  1. Sambal

Sambal adalah teman setia makanan Indonesia yang selalu bikin makanan jadi lebih nikmat. Sambal ini ternyata juga udah dikenal di beberapa negara, terutama di Belanda dan Malaysia. Beberapa restoran Indonesia di luar negeri juga sering menyediakan sambal sebagai tambahan untuk makanan mereka. Jadi, buat pecinta pedas, sambal bisa jadi sahabat di manapun!

Baca Juga  10 Rahasia Masak Rendang yang Bakal Bikin Ketagihan

Itulah beberapa kisah perjalanan rasa makanan tradisional Indonesia yang udah berhasil mencuri perhatian dunia. Dari rendang yang sukses jadi juara dunia hingga sambal yang selalu setia menemani hidangan. Makanan Indonesia emang nggak ada matinya! Jadi, kapan lagi nih eksplor kelezatan makanan kita yang bikin dunia tergoyang?

banner 325x300