Lifestyle

Manjakan Lidahmu dengan 5 Dessert Tradisional Ini!

258
×

Manjakan Lidahmu dengan 5 Dessert Tradisional Ini!

Share this article
Ilustrasi Cendol/https://www.fimela.com/food/read/5243105/resep-es-dawet-susu-tanpa-santan
Cendol

G24NEWS.TV, JAKARTA —  Siapa yang di sini gak suka rasa manis? Nih, kita ada lima desert rekomendasi buat kamu. Gak cuma sekadar dessert, lima di bawah ini alami dan tradisional dari Indonesia! Penasaran? Siap-siap haus dan ngiler ya!

  1. Es Campur

Pertama-tama, kita tidak bisa melewatkan Es Campur dari daftar dessert tradisional Indonesia. Es campur terdiri dari campuran berbagai bahan, seperti cincau, nangka, alpukat, kelapa muda, tape, ketan hitam, dan sirup gula merah. Semuanya dicampur, ditutup dengan es serut dan susu kental manis. Udah kerasa gak sih manis segernya?

  1. Cendol

Siapa yang gak tahu es cendol? Minuman segar dengan isian tepung beras hijau. Tekstur yang kenyal dan creamy-nya buat es cendol jadi dessert tradisional yang populer di Indonesia, bahkan banyak pedagang kaki lima yang menjualnya. Selain jadi es cendol, sajian tepung beras ini bisa dimakan di mangkuk besar dengan es serut dan ketan hitam. Seger banget ya untuk nemenin kita di cuaca panas begini!

  1. Klepon

Klepon, manis gurih, terbuat dari bulatan ketan yang berisi gula merah. Ketan kemudian direbus lalu dibaluri kelapa parut. Hasilnya? Lumeran gula merah yang enak dalam setiap gigitan kamu. Nikmat banget ya!

  1. Dadar Gulung

Dadar gulung adalah salah satu kue tradisional indonesia yang unik dan lezat. Terbuat dari adonan tepung beras yang digulung, camilan ini diisi dengan rasa manis gurih dari gula merah dan parutan kelapa. Kalau kamu gigit dadar gulung, sensari gurih dan manisnya akan memanjakan lidah kamu. Kamu bisa mengunjungi dadar gulung di berbagai acara dan perayaan. Must try!

  1. Bubur Sumsum

Terakhir, ada dessert yang bentuknya bubur. Yup, bubur gak cuma buat hidangan utama. Di Indonesia, ada juga hidangan penutup yang dari bubu, yaitu bubu sumsum. Bubur ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan kelapa dan gula merah. Bubur ini punya tekstur yang lembut dan aroma yang khas dari santan. Lebih mantap lagi kalau disantap dengan kelapa parut dan sedikit air gula merah. Rasanya yang manis dan hangat bisa jadi hidangan penutup yang pas buat kamu yang udah kenyang.

Baca Juga  4 Kuliner Khas Jakarta yang Enak dan Patut Dicoba

Jadi, itulah 5 dessert tradisional Indonesia. Banyak yang pakai tepung beras dan juga gula merah, dan merekalah yang menjadi khas dari makanan penutup Indonesia. Kamu wajib banget cobain kelimanya! Dijamin makin cinta sama makanan khas Indonesia. Jadi, makanan apa aja yang udah kamu cobain, guys?

banner 325x300