Nasional

Bahan Pangan Merupakan Kebutuhan Esensial

224
×

Bahan Pangan Merupakan Kebutuhan Esensial

Share this article
Bahan Pangan Merupakan Kebutuhan Esensial
Bahan Pangan Merupakan Kebutuhan Esensial

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, bahan pangan merupakan kebutuhan esensial bagi kita dan mencapai ketahanan pangan bagi Indonesia menjadi tujuan besar kita semua.

Hal itu disampaikan saat menjadi narasumber dalam Diskusi Kelompok Terpumpun Kajian Tepat dan Cepat dengan tema “Strategi Kebijakan Ketahanan Pangan Nasional Menghadapi Ancaman El Nino dan Krisis Pangan Global” yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI di Jakarta, Kamis (21 Sep).

Wamendag menambahkan, World Metrological Organization (WMO) memperkirakan bahwa kawasan di Asia Pasifik akan mengalami El Nino di 2023. Bahkan untuk Indonesia, El Nino diprediksi berlanjut pada semester II 2023.

Baca Juga  Jerry Sambuaga: Pemerintah Dukung UMKM Tingkatkan Daya Saing Dengan 4 Cara

Lebih lanjut Wamendag menjelaskan, dalam menghadapi El Nino dan krisis pangan global, Kemendag memiliki beberapa strategi kebijakan, yaitu stabilisasi harga dan ketersediaan stok bapok; percepatan digitalisasi perdagangan; penguatan fasilitas logistik dan distribusi hingga ke daerah tertinggal terpencil, terluar, dan perbatasan;

Kemudian, peningkatan promosi produk pertanian dan bahan pangan serta pemanfaatan kerja sama perdagangan internasional.

Baca Juga  Wamendag Jerry Sambuaga Luruskan Kampanye Negatif Sawit ke India

Krisis pangan global merupakan tantangan bagi Indonesia yang harus dihadapi bersama dengan kolaborasi antarinstansi. Oleh karena itu, Kemendag berharap berbagai bentuk kolaborasi dan kerja sama dapat terus dilakukan.

Bahan pangan merupakan semua jenis bahan yang dapat digunakan sebagai bahan makanan yang bersifat aman, memiliki palatabilitas dan menyehatkan bagi manusia.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300