Olahraga

Atlet dan Keterlibatan dalam Politik

21
×

Atlet dan Keterlibatan dalam Politik

Share this article
Atlet
Ilustrasi Atlet yang juara/IST

Atlet sering menjadi public figure yang meraih perhatian masyarakat luas. Selain berprestasi pada bidang olahraganya, atlet juga sangat berpotensi berprestasi pada bidang politik.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo Ia menyambut positif terjunnya mantan-mantan atlet Tanah Air di Pemilu 2024 dengan mendaftar sebagai calon anggota legislatif.

“Saya menyambut bahagia kawan-kawan atlet yang berani speak up dan juga bersikap di politik dan juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pembangunan demokrasi kita ke depannya,” kata Dito saat ditemui ANTARA setelah menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 61 Kelurahan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu siang.

Diketahui, pada Pemilu 2024 ini banyak mantan atlet yang mengikuti Pemilu 2024 dimana dari dunia tenis, ada mantan petenis putri Indonesia Yayuk Basuki yang mencalonkan diri di Daerah Pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lalu, dari dunia bulu tangkis ada dua di antaranya yang mencalonkan diri yaitu pemilik julukan Smash 100 Watt Harijanto Arbi (Dapil DKI Jakarta 3) dan juga peraih emas Olimpiade 2024 Athena Taufik Hidayat (Dapil Jawa Barat 2).

Kemudian dari sepak bola, ada nama-nama seperti mantan bintang Persipura Jayapura pada masanya Bio Pauline (Dapil 4 wilayah Abepura), mantan pelatih PSS Sleman Seta Nurdiyantara (Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta), dan juga mantan pelatih timnas Indonesia U-23 yang kini melatih Barito Putera Rahmad Darmawan (DPR RI Dapil Lampung).

“Sebenarnya pencalegan dan partai politik itu adalah suatu forum dan suatu organisasi yang tidak memilih-memilih profesi dan status sosial. Di wadah inilah seluruh generasi, profesi, seluruh ekonomi dapat bergabung dan bertemu memberikan apresiasnya, kepeduliannya kepada negara,” ucap Dito.

Menpora 33 tahun itu pun mengatakan dengan hadirnya mantan atlet terjun di Pemilu 2024, jika terpilih nanti, menurutnya akan sangat menguntungkan dunia olahraga Tanah Air karena akan memiliki seseorang yang membuat kebijakan berdasarkan pengalamannya secara langsung.

Baca Juga  Menpora Dito: Jangan Campurkan Politik dan Olahraga

“Pastinya mungkin yang akan advantage dari dunia olahraga, baik atlet, pelatih, atau pengurus federasi yang masuk ke politik saya rasa akan membuat keuntungan dimana point of view kebijakan jika mereka dipilih itu bisa lebih by pengalaman dan juga dengan kebutuhan yang tepat sasaran,” tutupnya.

Harapan Atlet Terhadap Politisi

Sementara itu, sejumlah pebulu tangkis muda Indonesia memberikan harapan mereka terkait Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029, serta harapan untuk pemerintahan di periode baru khususnya pada sektor olahraga.

Bagi tunggal putri Putri Kusuma Wardani, ia mengaku merasa bersemangat sekaligus sedih, mengingat ia belum pernah memberikan suaranya di pemilu.

“Karena aku belum pernah sama sekali, jadi rasanya kayak ingin mencoba, gitu. Tapi, tidak bisa,” kata Putri, yang juga merupakan personel polwan kepada ANTARA, Rabu.

Meski demikian, Putri berharap pemerintah di periode mendatang bisa memberikan perhatian dan apresiasi yang setara untuk semua cabang olahraga, dengan tidak memfavoritkan satu cabang saja.

“Tentunya ingin pemerintah memiliki apresiasi dan perhatian yang sama buat semua cabang olahraga, biar rata, gitu, bukan hanya mengunggulkan misalnya sepak bola saja, tapi juga yang lain seperti bulu tangkis atau cabang olahraga yang sering berprestasi,” ujar Putri.

Tunggal putri lainnya, Ester Nurumi Tri Wardoyo, berharap pemerintah periode baru bisa mendukung para atlet agar konsisten menorehkan prestasi di berbagai ajang bergengsi.

“Harapannya semoga pemerintahan di periode baru bisa mendukung para atlet, supaya terus bisa berprestasi,” kata Ester saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung.

“Saya sangat berharap presiden yang menang nanti mau dan lebih memperhatikan prestasi olahraga Indonesia, terutama cabang bulu tangkis,” ujar sang kakak, tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo, menambahkan.

Baca Juga  Kampung atlet Olimpiade Paris diresmikan lebih awal

Selain itu, ganda putra pemenang Indonesia Masters 2024 Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga memiliki harapan yang sama untuk presiden dan wakil presiden terpilih.

“Harapan saya semoga presiden yang dipilih rakyat dalam Pemilu ini bisa lebih menaruh perhatian kepada prestasi olahraga, khususnya kepada cabang bulu tangkis,” kata Leo.

Selain soal olahraga, Leo juga meminta kepada presiden yang terpilih untuk menurunkan pajak penghasilan para atlet.

“Semoga presiden yang terpilih nanti mau menurunkan pajak penghasilan kami para pebulu tangkis,” ujar Leo menambahkan.

Suara senada datang dari Ribka Sugiarto. Pemain ganda putri ini sangat berharap siapa pun presiden yang kelak mendapat mandat dari rakyat, bisa lebih memperhatikan pembinaan olahraga di Tanah Air.

“Harapan saya, seperti harapan teman-teman yang lain, semoga presiden yang menang dalam Pemilu 2024 ini bisa lebih memperhatikan pembinaan olahraga, terutama bulu tangkis,” ujar Ribka.

Sementara itu, Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional. Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

 

Editor: Lala Lala/Junita Sianturi

banner 325x300