Politik

Airlangga Hartarto Pastikan Diplomasi Aktif Terbukti Hindarkan Indonesia Dari Dampak Konflik Geopolitik

41
×

Airlangga Hartarto Pastikan Diplomasi Aktif Terbukti Hindarkan Indonesia Dari Dampak Konflik Geopolitik

Share this article
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (14/1/2024). Foto: IG golkar.indonesia
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (14/1/2024). Foto: IG golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia secara aktif melakukan diplomasi.

“Kita aktif memimpin diplomasi, demikian pula dalam (KTT) G20, G20 Indonesia salah satu yang berhasil menyelenggarakan G20 dan dihadiri oleh pemimpin-pemimpin dunia serta diakui mengeluarkan deklarasi yang diterima semua pihak, itu tidak lain dan tidak bukan karena diplomasi daripada Indonesia,” kata Airlangga Hartarto di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (14/1/2024).

Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI menyampaikan hal tersebut dalam perayaan Natal Nasional Partai Golkar 2023 dan Tahun Baru 2024 di Labuan Bajo.

Airlangga Hartarto juga menjelaskan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia juga tidak terlepas dari penyelenggaraan pertemuan Sherpa G20.

“Keberhasilan itu tidak lepas dari Sherpa-nya, Sherpa G-20 adalah kantor Menko, saya ngomong kantornya bukan sayanya. Nah itu terjemahan masing-masing. Kemudian kita juga dalam ASEAN,” katanya, seperti dilansir dari Antara.

Airlangga Hartarto menjelaskan saat ini dunia masih dilanda ketidakpastian geopolitik akibat perang antara Ukrainia-Rusia dan perang Hamas-Israel yang berkembang ke Lebanon, lalu Amerika Serikat-Inggris mulai menyerang di laut di dekat Yaman terkait dengan gangguan-gangguan terhadap logistik.

Baca Juga  Resmi Dukung Prabowo, Sekjen Froker: Golkar Jadi Pengaruh Besar

Namun demikian, lanjut dia Indonesia saat ini dalam situasi aman dan damai, bahkan Indonesia berhasil menyelenggarakan KTT G20 di dalam situasi ketidakpastian.

“Indonesia menjadi tokoh, bapak presiden yang pergi ke Ukrainia dan ke Moskow dalam waktu satu minggu dan itu membuka perundingan antara Ukrainia-Rusia dengan PBB dan Turki yang membuka gandum bisa keluar dari Ukrainia,” katanya.

Dukung Program Pemerintah

Oleh karena itu dia meminta dukungan kader Partai Golkar dan masyarakat Provinsi NTT untuk mendukung program pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, terlebih pembangunan di Labuan Bajo yang begitu diperhatikan pemerintah hingga penyelenggaraan KTT ASEAN.

Baca Juga  Ombudsman Sarankan Skrining Kesehatan Petugas Pemilu Dilakukan Secara Langsung

“Dengan KTT ASEAN, seluruh anggaran pemerintah digelontorkan agar Labuan Bajo bisa menjadi tempat summit internasional setara dengan Bali, setara dengan kota-kota lain di dunia, pemimpin dunia datang ke Labuan Bajo, kita lihat sekarang fasilitasnya dan kita rasakan”.

“Oleh karena itu saya minta kepada seluruh masyarakat Labuan Bajo, masyarakat NTT untuk dukung terus program Bapak Joko Widodo dan penerus program Bapak Joko Widodo adalah partai kita, Partai Golkar,” katanya.

Menurut Airlangga Hartarto Partai Golkar adalah partai yang terdepan yang secara konsisten mengawal Joko Widodo dalam pemilihan presiden periode pertama dan kedua.

“Sampai hari ini, saat kita jelas arah beliau ke mana maka disitulah Partai Golkar berada,” katanya.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300