Olahraga

Abis Olahraga Butuh Penyemangat? Ini 4 Jenis Makanan yang Cocok!

234
×

Abis Olahraga Butuh Penyemangat? Ini 4 Jenis Makanan yang Cocok!

Share this article
sumber protein
Ilustrasi sumber protein/https://pin.it/3FtO5Eg

G24NEWS.TV, JAKARTA – Setelah seru-seruan berolahraga, jangan sampai asupan nutrisi setelahnya terlupakan! Nah, kali ini kita akan bahas mengenai makanan yang tepat setelah berolahraga untuk memastikan tubuhmu pulih dengan baik.

Pasca-olahraga, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang memadai. Ketika berolahraga, glikogen dalam otot terpakai sebagai sumber energi, membuat otot kekurangan glikogen. Selain itu, olahraga juga bisa menyebabkan kerusakan otot dan robekan kecil. Nah, asupan nutrisi yang tepat setelah olahraga bisa membantu memulihkan energi, mengurangi kelelahan, memperbaiki dan memperkuat otot untuk olahraga berikutnya, serta mengurangi pelemahan sistem kekebalan tubuh setelah olahraga.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasca-olahraga, sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika kamu berolahraga sekali dalam sehari atau beberapa hari dalam seminggu, pola makan sehari-hari atau makanan ringan yang kamu konsumsi sudah cukup untuk memulihkan nutrisi tubuh. Namun, jika kamu melakukan dua atau lebih sesi olahraga dalam sehari atau berolahraga dengan intensitas tinggi secara berdekatan, kamu perlu memperhatikan nutrisi pemulihan dengan lebih serius. Berikut ini beberapa komponen nutrisi yang penting untuk pemulihan setelah olahraga:

  1. Cairan

Saat berolahraga, tubuh kehilangan air dan elektrolit melalui keringat. Oleh karena itu, rehidrasi sangat penting. Kebutuhan cairan yang terpenuhi akan mengoptimalkan kondisi tubuh sehingga olahraga dapat memberikan manfaat maksimal.

Baca Juga  Banyak Loh Dampak Signifikan yang Positif dari Turnamen Besar Sepak Bola: Apalagi terhadap Ekonomi dan Pariwisata!

Pilihan minuman tergantung pada tujuanmu. Jika tujuanmu hanya untuk rehidrasi, air putih dan minuman elektrolit dapat menjadi pilihan yang baik. Minuman olahraga juga bisa menjadi opsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan hidrasi tubuh. Produk susu olahan bisa menjadi pilihan yang lengkap karena bisa menghidrasi tubuh sekaligus menyediakan protein dan karbohidrat.

Selain itu, kamu juga bisa memilih teh herbal. Teh herbal mengandung nutrisi dan senyawa kimia, seperti yerba mate yang dapat membantu pencernaan protein dan karbohidrat.

  1. Karbohidrat

Asupan karbohidrat penting untuk mengisi kembali cadangan glikogen yang berkurang selama olahraga. Karbohidrat juga membantu mengurangi penurunan sistem kekebalan tubuh setelah olahraga. Beberapa sumber karbohidrat yang baik adalah ubi, buah-buahan, dan nasi.

  1. Protein

Konsumsi protein membantu memperbaiki otot dan mencegah penurunan massa otot setelah olahraga. Produk susu olahan dan telur merupakan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga.

  1. Lemak

Jenis lemak yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah asam lemak omega-3. Omega-3 dapat meningkatkan sintesis protein otot dan memperbesar ukuran sel otot. Salmon dan tuna merupakan makanan yang kaya akan omega-3.

Baca Juga  Kekurangan Gizi? Kupas Tuntas 5 Mitos dan Fakta Vegetarian!

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setelah olahraga, kamu bisa mulai dengan rehidrasi untuk mengganti cairan yang hilang saat berolahraga. Lakukan rehidrasi segera setelah olahraga. Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 45 menit setelah olahraga atau paling lambat 2 jam setelahnya. Waktu ini merupakan saat yang efektif bagi tubuh untuk mengganti glikogen dan memulihkan serta membangun otot.

Jadi, jangan sampai asupan nutrisi setelah olahraga terlewat ya! Pilih makanan yang tepat untuk memastikan pemulihan tubuhmu setelah berolahraga dengan baik.

banner 325x300