Lifestyle

7 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan saat Berkonflik dengan Sahabat

258
×

7 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan saat Berkonflik dengan Sahabat

Share this article
Ilustrasi 7 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan saat Berkonflik dengan Sahabat/Photo by Liza Summer: https://www.pexels.com/photo/women-arguing-while-pointing-finger-in-face-at-home-6383206/
7 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan saat Berkonflik dengan Sahabat

G24NEWS.TV, JAKARTA – Persahabatan adalah hal yang penting bagi hidup setiap orang. Jika kita memiliki sahabat, hidup akan terasa lebih berwarna dan tidak merasa sendiri. Tetapi, seperti hubungan lainnya, persahabatan juga gak lepas dari konflik. Konflik dalam persahabatan itu wajar dan seharusnya membangun. Makanya penting buat kita untuk tahu gimana cara mengatasi masalah yang ada. Supaya masalahnya yang selesai, bukan persahabatannya. Salah satu kunci dalam mengatasi konflik persahabatan adalah komunikasi dan keterbukaan.

  1. Berbicara dengan jujur

Dengan komunikasi yang baik, kamu bisa berani mengungkapkan perasaan dan pikiran kepada teman. Lalu ruang untuk menutup diri dan menyimpan perasaan negatif bisa berkurang. Dalam situasi ini, justru kamu harus berbicara dengan jujur dan terbuka. Kamu bisa menjelaskan kepada temanmu kalau kamu lagi kecewa, kurang puas, atau gak sepakat dengan temanmu.

2. Good Listener

Selain berbicara dengan jujur, penting juga untuk kamu menjadi pendengar yang baik. Jika teman sedang memberikan pendapat, kita harus memberi perhatian dan jangan langsung merasa diri yang paling benar. Setiap pemikirannya adalah hal yang berharga dan tidak boleh dianggap remeh. Kalau kamu bisa memahami perspektifnya, kamu bisa berempati, dan menemukan solusi yang saling menguntungkan.

3. Mau Sama-sama Bertumbuh

Komunikasi yang terbuka tidak cukup, lho, untuk menyelesaikan masalah. Percuma kamu sudah berbicara jujur jika kamu tidak mendengarkan teman dan malah defensif terhadap diri sendiri. Daripada hanya saling menyalahkan, coba lihat gambaran besar masalahnya dan mau bertumbuh bersama. Kalau kalian saling mengerti dan bisa berempati, tidak hanya masalahnya yang akan selesai, tetapi persahabatan kalian akan menjadi lebih bijak.

Baca Juga  Meutya Hafidz Ungkap Penyebab Konflik di Gaza

4. Menghormati perasaan teman

Tapi, komunikasi dengan terbuka gak berarti harus ngomong dengan kasar bahkan sampai menyakiti perasaan. Justru jika kamu mau menyelesaikan konflik dengan baik, kamu harus menghormati perasaan temanmu dengan tepat. Kamu perlu menggunakan bahasa yang sopan untuk menjaga suasana tetap kondusif. Dengan begitu, konflik semakin membesar. Jika kamu tidak sengaja mengatakan sesuatu yang bisa menyakiti teman, kita harus segera meminta maaf dan lebih berhati-hati ke depannya.

5. Win-win Solution

Setelah itu kalian harus mencari solusi yang menguntungkan satu sama lain. Jika memang harus ada hal yang dikompromikan, kalian berdua harus bersedia demi mejaga persahabatan dengan baik. Hargailah satu sama lain dengan memilih keputusan yang seimbang. Di sini kita tidak mau ada yang merasa tidak dihargai atau dirugikan. Dalam mengambil keputusan, pertimbangkan kepentingan bersama dan persahabatan yang sudah kalian bangun dengan baik.

Baca Juga  Matcha: Sejarah, Fakta Menarik, dan Manfaat untuk Kesehatan

6. Butuh bantuan

Jika merasa butuh, jangan ragu untuk minta bantuan dari pihak luar. Kadang, saking konfliknya terlalu rumit, kalian bisa saja kebingungan. Jika terjebak dalam solusi-solusi yang kurang tepat, kita bisa minta nasihat dari orang yang lebih dewasa, seperti guru, konselor, atau orang tua yang dapat dipercaya. Kemungkinan besar mereka akan membantu kamu dengan melihat masalah secara objektif dan mengarahkan solusi yang bijaksana.

7. Ayo mulai berbaikan! 

Terakhir, ingatlah bahwa persahabatan adalah hubungan yang berharga dan unik. Meskipun konflik dapat terjadi, dengan komunikasi terbuka, sikap saling mengerti, dan komitmen untuk menjaga hubungan, kita dapat mengatasi tantangan tersebut dan memperkuat persahabatan kita. Penting untuk mengingat bahwa setiap konflik dapat menjadi peluang untuk tumbuh dan memperdalam ikatan persahabatan kita.

Jadi, ketika kamu diperhadapkan dengan masalah dalam persahabatan, jangan langsung takut dan langsung memotong persahabatanmu. Gunakan komunikasi yang baik, jadilah pendengar yang perhatian. Jangan defensif dan carilah solusi yang saling menguntungkan.

Persahabatan adalah hubungan yang berharaga dan unik. Meskipun konflik dapat terjadi, kalian bisa menyelesaikannya dan bertumbuh bersama. Ingat, guys, sahabat itu berharga dan gak gampang ditemukan. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk memperkuat dan memelihara hubungan kalian! Semangat ya!

banner 325x300