Lifestyle

Matcha: Sejarah, Fakta Menarik, dan Manfaat untuk Kesehatan

235
×

Matcha: Sejarah, Fakta Menarik, dan Manfaat untuk Kesehatan

Share this article
matcha
Ilustrasi matcha/Photo by Cup of  Couple: https://www.pexels.com/photo/green-tea-on-the-table-8474179/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Matcha adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Matcha berasal dari Jepang dan telah menjadi minuman populer di seluruh dunia karena manfaat kesehatannya dan rasa yang unik. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah, fakta menarik, dan manfaat kesehatan dari matcha.

Sejarah Matcha

Matcha pertama kali dibuat di Tiongkok pada abad ke-10 dan dibawa ke Jepang oleh seorang pendeta Zen bernama Eisai pada abad ke-12. Pada awalnya, matcha hanya digunakan dalam upacara minum teh dan hanya tersedia untuk kalangan bangsawan. Namun, pada abad ke-16, matcha mulai diproduksi secara massal dan menjadi minuman yang populer di kalangan masyarakat Jepang.

Baca Juga  Ini Tradisi Perayaan Hari Ibu di 4 Negara dan Asal-usulnya

Fakta Menarik tentang Matcha

Matcha adalah teh hijau yang paling kaya akan antioksidan dibandingkan dengan teh hijau lainnya. Rasanya unik dan kuat, dan sering digunakan sebagai bahan perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan, seperti mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, berbagai jenis kue Barat, dan wagashi.

Matcha memiliki beberapa grade, yaitu ceremonial grade, premium grade, dan culinary grade. Ceremonial grade adalah matcha yang paling berkualitas dan biasanya digunakan dalam upacara minum teh. Premium grade adalah matcha yang berkualitas tinggi dan biasanya digunakan untuk minuman dan makanan. Culinary grade adalah matcha yang berkualitas rendah dan biasanya digunakan untuk makanan.

Baca Juga  Menggali Jati Diri: Menapaki Eksplorasi Diri Melalui Seni dan Teknologi

Manfaat Kesehatan Matcha

  • Meningkatkan kinerja otak dan memori.
  • Menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh.
  • Mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.
  • Meningkatkan kesehatan tulang.
  • Detoksifikasi hati.
  • Menjaga kesehatan kulit.

Cara Membuat Matcha

Berikut adalah cara membuat matcha:

  1. Siapkan mangkuk dan saring bubuk matcha ke dalam mangkuk.
  2. Tuangkan air panas ke dalam mangkuk dan aduk dengan chasen (alat pengocok matcha) hingga bubuk matcha tercampur dengan air dan menghasilkan busa.
  3. Minuman matcha siap disajikan.
banner 325x300