HeadlineNasional

Zainudin Amali Mundur, Banyak Nih Kader Partai Golkar yang Cocok jadi Menpora Baru

291
×

Zainudin Amali Mundur, Banyak Nih Kader Partai Golkar yang Cocok jadi Menpora Baru

Share this article
Me
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali

G24NEWS.TV, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Zainudin Amali secara informal sudah menyatakan mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dan akan fokus sebagai  wakil ketua Umum PSSI berikut ini sosok di Partai Golkar yang cocok menggantikan posisinya sebagai Menpora. 

Tapi Presiden Jokowi mengatakan baru akan mencari ganti Menpora setelah ada pengajuan pengunduran diri secara resmi dari Zainudin Amali.  “Nanti kalau sudah ada (pengunduran diri) resminya, saya bicara,” ujar Presiden Jokowi. 

Amali, politikus Partai Golkar ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Menpora dan fokus menjadi pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dia terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI bersama dengan Ratu Tisha Destria dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2). 

Mereka mendampingi Erick Thohir yang terpilih menjadi Ketua Umum PSSI. Dengan demikian, Amali dan Erick memiliki dua jabatan, menjadi menteri pada kabinet Presiden Jokowi dan di PSSI. 

Menurut Amali, Presiden Jokowi mengizinkan dia fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola. 

“Saya sampaikan kepada Pak Presiden, ‘Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola, menjadi pengurus PSSI’. Dan itu dipahami oleh beliau,” imbuh Amali.

Posisi Amali sebagai menteri wakil dari Partai Golkar dalam kabinet memicu spekulasi siapa pengganti yang akan diusulkan oleh partai berlambang pohon beringin ini. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengklaim masih menunggu arahan Presiden Jokowi terkait posisi Zainudin Amali. 

Menurut Airlangga, dirinya tidak mengetahui isi pembicaraan antara Presiden Jokowi dan Amali pada Senin siang tadi. Airlangga  juga tidak menjawab ketika ditanya apakah Golkar sudah menyiapkan kader jika Presiden meminta sebagai pengganti Amali yang saat ini menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu). 

Menurut dia, posisi Menpora apakah dilanjutkan oleh Amali atau tidak merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Tapi Partai Golkar tidak kekurangan stok sumber daya yang mumpuni untuk menggantikan Amali sebagai Menpora. 

Baca Juga  Bawaslu Jabarkan Potensi Tindak Pencucian Uang dalam Pemilu 2024

Berikut ini kader-kader muda Partai Golkar yang sepertinya cocok dan punya kemampuan jadi menteri kabinet Presiden Jokowi. 

Ahmad Doli Kurnia Tanjung 

doli kurnia
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia

Doli, politisi muda ini kini menjabat sebagai ketua Komisi II DPR yang memiliki lingkup tugas bidang pemerintahan dalam negeri hingga pemilihan umum. Salah satu mitra komisi ini adalah kementerian dalam negeri. 

Ahmad Doli Kurnia punya rekam jejak bagus dalam karir politiknya. Dia sudah sejak mahasiswa menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam dan terakhir menjadi Sekjen PB HMI.  

Erwin Aksa 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis Erwin Aksa
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis Erwin Aksa. (Foto G24NEWS)

Erwin Aksa adalah politisi muda Partai Golkar cum pengusaha sukses dari Indonesia Timur. Dia pernah menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2008-2011 dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Konstruksi dan Infrastruktur periode 2015-2020.  

Erwin lulusan jurusan ekonomi di University of Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Sekembalinya dari menuntut ilmu Erwin bekerja di perusahaan ayahnya dan pernah mengurus klub PSM Makassar. 

Saat ini, Erwin adalah wakil ketua umum Partai Golkar bidang penggalangan strategis. Dia menggantikan Rizal Mallarangeng yang menjadi Komisaris PT Telkom.  Dalam kepengurusan di Partai Golkar, Erwin adalah sosok yang banyak mempromosikan peran kaum muda dalam politik dan ingin merekrut lebih banyak anak muda potensial dalam dunia politik, terutama Partai Golkar. Apakah dia cocok untuk jadi Menpora dari Partai Golkar?  

Dave Laksono

Anggota Komisi I dari Partai Golkra Dave Laksono berpidato di mimbar dengan baju berwarna oranye, seragam ormas Kosgoro 57
Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Dave Laksono mengungkapkan pembakaran Al Quran bukan bentuk demokrasi dan kebebasan berekspresi.

Nama aslinya adalah Dave Akbarshah Fikarno, namun karena lekat dengan sosok sang ayah Agung Laksono, yang kini menjadi Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, maka dia lebih dikenal sebagai Dave Laksono. 

Dia adalah anggota Komisi I DPR periode 2019-2024, sebelumnya dia juga menjadi anggota parlemen periode 2014-2019. Dia terpilih dari daerah pemilihan Jawa Barat VIII meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon serta Indramayu.

Baca Juga  LSI DENNY JA: Golkar Pemenang Kedua Pileg 2024, Ungguli Gerindra 

Dave mendapatkan pendidikan di kampus luar negeri, pertama pada Army Navy Academy, dan jurusan Political Science California State University sejak tahun 2000 sampai tahun 2002.  Dave juga menjabat sebagai Ketua Umum Kosgoro 1957, salah satu ormas Partai Golkar. Ormas ini juga menjadi tempat berlabuh pertama bagi Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat yang kini menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih.  

Puteri Komarudin 

Puteri Komaruddin Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Golkar
Puteri Komaruddin Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Golkar mengatakan esensi Perppu Cipta Kerja adalah menyejahterakan buruh.

Puteri Komarudin sempat menjadi anggota DPR termuda, saat dilantik usianya baru 26 tahun. Puteri kini duduk di komisi XI DPR yang membidangi masalah keuangan dan perbankan. 

Puteri adalah mantan jurnalis semasa kuliah di University of Melbourne, Australia dan aktif menjadi pengurus PPI Australia. Puteri membangun karir dari nol, dari  Micro Banking Intern di Bank Mandiri hingga Pengawas Bank Junior di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Jadi dari nama-nama siapakah politisi Partai Golkar yang akan menggantikan Zainudin Amali sebagai Menpora? Atau kamu punya jagoan lain?

Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo
Dito Ariotedjo

Kader muda Partai Golkar yang lain adalah Dito Ariotedjo. Kini dia menjadi salah satu Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang tidak lain adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Dia pernah menjadi Ketua Umum AMPI atau Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia, sebelum digantikan oleh Jerry Sambuaga. Di bidang bisnis performa Dito tak kalah mencorong, dia adalah Chairman Rans Sports yang dibangun bersama dengan artis cum pengusaha Raffi Ahmad dan Rudi Salim. 

Kedekatan Dito dengan dunia olahraga memang sudah terjalin. Dia bercita-cita  membangun venue olahraga berstandar internasional yang menurutnya akan bisa mendongkrak prestasi nasional. Karena itu dia membangun desain industri olahraga yang terintegrasi, yaitu  sarana latihan dan sarana publik.

 

 

 

banner 325x300