HeadlineNasional

Tak Ada Friksi Internal, Partai Golkar Punya Peluang Besar Menang Pemilu 2024

281
×

Tak Ada Friksi Internal, Partai Golkar Punya Peluang Besar Menang Pemilu 2024

Share this article
airlangga kadin
airlangga-kadin

G24NEWS.TV, JAKARTA – Partai Golkar berpeluang memenangkan Pemilu 2024 karena soliditas dan minimnya faksi-faksi internal, ujar pengamat.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) Saiful Anam mengatakan Golkar yang solid di bawah pimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto bisa memenangkan Pemilu 2024. Keyakinan juga karena Golkar diterima oleh masyarakat di akar rumput, selain minimnya friksi-friksi di internal.

BACA JUGA: Airlangga Minta Kadin Percepat Transformasi Digital di Indonesia

“Dengan keandalan dan soliditas partai yang ditunjukkan Golkar saat ini, maka sangat siap bagi Golkar tidak hanya memenangkan pemilu pada 2024 mendatang. Juga bukan tidak mungkin akan kembali berjaya pada pemilu berikutnya,” ujar Saiful.

Menurut dia, jika melihat dinamika partai papan atas, serta momentum dan akselarasi partai tidak berubah, maka besar kemungkinan Golkar keluar menjadi pemenang Pemilu nanti pada tahun 2024 mendatang.

Partai Golkar sendiri saat ini sedang melakukan persiapan menghadapi tiga hajat politik besar yang berlangsung pada 2024 mendatang, yaitu Pemilihan anggota Legislatif, Pilkada dan Pilpres.

Baca Juga  Breakfast ala Indonesia: 10 Menu Sarapan Tradisional Terbaik yang Menggiurkanmu!

BACA JUGATeka-teki dari Airlangga Hartarto, Anggota Baru KIB antara Bola Piala Dunia dan Kemeja Jokowi

Golkar salah satu partai tertua menjadi partai pertama yang menyelesaikan penyusunan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk seluruh tingkatan. Golkar sudah melakukan pelepasan sebanyak 1.160 bakal calon anggota legislative (bacaleg) ke daerah pemilihan masing-masing pada 22 November lalu.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah menyerahkan surat perintah penugasan fungsionaris kepada seluruh bacalegnya. Pelepasan bacaleg ke dapilnya masing-masing menjadi wujud dari kerja keras Airlangga Hartarto dalam upayanya mengembalikan kejayaan partai beringin.

BACA JUGAAirlangga Hartarto: Politik Harus Membawa Kesejahteraan

Menko Perekonomian ini meyakini bahwa Pemilu 2024 menjadi momentum 20 tahunan terbaik untuk meraih kembali kejayaan tersebut.  Kerja sama, bersinergi, dan jangan baku tikam antarkawan, juga menjadi pesan penting yang disampaikan Airlangga Hartarto pada momen pelepasan bacalegnya saat itu.

Baca Juga  Nurul Arifin Dorong Peran Serta Difabel dalam Pemilu 2024

Menurut Airlangga tidak semua dari ribuan bakal caleg itu akan dicalonkan oleh Golkar dalam Pemilu 2024 mendatang. Golkar akan memilih bacaleg dengan kinerja paling baik untuk dicalonkan.

Mereka akan dievaluasi kinerjanya setiap bulan, hingga pada bulan keenam Partai Golkar akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan. Dari jumlah 1.160 bacaleg, hanya sekitar 870 bacaleg yang nantinya akan dicalonkan.

BACA JUGAPartai Baru Gabung KIB, Airlangga: Warna Bajunya Seperti Bola Piala Dunia

“Semua saya harap bekerja untuk kemenangan Partai Golkar memenuhi 20 persen dari kursi yang tersedia di DPR atau 115 kursi. Kedua untuk kemenangan Pilpres dan untuk pileg (pemilihan legislatif) di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota,” ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, Partai Golkar sengaja mengerahkan bacaleg lebih awal ke daerah pemilihan agar lebih banyak waktu berinteraksi dengan masyarakat. Dia meminta para kader mengejar kemenangan tanpa keributan untuk mewujudkan situasi politik yang sejuk dan damai.

banner 325x300