Lifestyle

Smartband Makin Canggih, Kalahkan Smartwatch?

131
×

Smartband Makin Canggih, Kalahkan Smartwatch?

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Smartband adalah jam tangan yang dipakai saat berolahraga atau beraktivitas sehari-hari. Gelang pintar ini mengukur berbagai hal akibat aktivitas fisik, seperti jumlah langkah yang diambil, detak jantung, konsumsi kalori, dan jarak yang ditempuh.

Fungsi utama smartband adalah untuk melacak dan menganalisis gerakan selama beraktivitas atau berolahraga, misalnya berjalan-jalan di hutan, bersepeda ke supermarket, berenang di kolam renang, atau fitness di gym. Fungsi pengukuran yang tepat berbeda untuk setiap smartband. Banyak toko (web) yang menggunakan nama berbeda sebagai alternatif smartband, misalnya gelang kebugaran (lengan), pelacak kebugaran, pelacak aktivitas, perangkat pakaian olahraga, atau jam tangan olahraga. Jadi tidak persis sama dengan jam tangan pintar.

Setiap smartband mampu mengukur berbagai hal, meski fungsi pengukuran yang ada bergantung pada produk yang digunakan. Model paling sederhana memiliki pedometer dan papan monitor detak jantung. Jika ingin informasi lebih lanjut, pertimbangkan salinan dengan chip GPS. Dengan ini smartband melacak jarak yang ditempuh dan kecepatan saat ini. Bahkan, bisa membaca rutenya setelahnya. Mereka yang menikmati hiking di pegunungan dapat mempertimbangkan smart band dengan altimeter barometrik.

Baca Juga  Giliran Udah Lulus, Malah Kangen Sekolah: Kenapa Ya?

Sebagian besar smartband memiliki layar. Model yang lebih baik menggunakan layar OLED yang sangat tajam, sehingga informasi yang ditampilkan terlihat jelas. Selain jam digital atau ‘analog’, Anda dapat melihat berbagai data sepanjang perjalanan, seperti detak jantung, jumlah langkah yang diambil, dan konsumsi kalori. Berdasarkan hal ini, Anda dapat menyesuaikan intensitas latihan jika diinginkan, misalnya dengan mengganti gigi atau melakukannya dengan santai. Tentu saja informasi yang tersedia di layar bergantung pada smartband yang digunakan. Gelang pintar yang tidak memiliki tampilannya sendiri menampilkan informasi dalam aplikasi pada ponsel cerdas yang ditautkan.

Baca Juga  Berkunjung ke Lampung? Ini 5 Makanan yang Wajib Kalian Coba!

Pengoperasian smartband berbeda-beda untuk setiap produk. Model dengan layar besar hampir selalu memiliki layar sentuh, sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan pengaturannya, misalnya. Pelacak aktivitas yang lebih murah biasanya memiliki tombol di samping untuk mengoperasikan perangkat. Karena tombol-tombol ini biasanya mewakili banyak fungsi, pengoperasiannya memerlukan waktu untuk membiasakan diri. Misalnya, Anda menggunakan tombol untuk menyetel stopwatch atau jam alarm. Saat melakukan aktivitas olahraga, berguna saat Anda dapat mengontrol musik dari ponsel cerdas yang dipasangkan.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma
Editor: Lala Lala

banner 325x300