EkonomiHeadline

Prabowo Ubah Rawa jadi Sawah, Indonesia bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

176
×

Prabowo Ubah Rawa jadi Sawah, Indonesia bisa Jadi Lumbung Pangan Dunia

Share this article
Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies
Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

G24NEWS.TV, JAKARTA – Prabowo Subianto, calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengungkapkan komitmennya untuk menjadikan  Indonesia sebagai lumbung pangan atau food estate global, dengan mengubah rawa menjadi lahan sawah. 

“Lumbung pangan ini adalah konsep berakar di budaya bangsa Indonesia. Lumbung pangan desa, jadi yang kita mau bikin adalah hidupkan lagi lumbung pangan desa, lumbung pangan kecamatan, lumbung pangan kabupaten, lumbung pangan provinsi, dan lumbung pangan nasional,” ujar Prabowo Subianto dalam acara Sarasehan 100 ekonom Indonesia di Jakarta, Rabu (8/11). 

Prabowo mengaku sudah mendapat kalkulasi bahwa food estate yang dicanangkan pemerintah Indonesia, menurut dia akan berkembang hingga menjadi lumbung pangan dunia.

Baca Juga  Ini Alasan Partai Golkar Usung Gibran jadi Cawapres Prabowo 

Prabowo juga mengaku sudah mempunyai teknologi yang bisa memanfaatkan rawa menjadi sawah. Selama ini, teknologi tersebut sudah dimanfaatkan untuk program food estate yang dilaksanakan pemerintah.  

“Kita punya kurang lebih 20 juta hektare rawa, 20 juta hektare rawa yang tidak termanfaatkan, hanya jadi sumber malaria saja. Kita sekarang ada teknologinya, sudah pernah dilaksanakan di Sumatera Selatan, di Kalimantan Selatan,” ujar dia. 

“Membuat sawah di rawa, membuat kebun jagung di rawa, ada teknologinya dan kita sudah laksanakan, dan jatuhnya lebih murah daripada sawah biasa dan masalah air tidak ada masalah,” tambah Prabowo Subianto

Baca Juga  Airlangga Hartarto: 9 Partai Siap Menangkan Prabowo di Pilpres 2024

Indonesia menurut dia punya jutaan hektare lahan yang bisa dijadikan sawah. Karena itu, jika program ini berhasil maka Indonesia akan bisa menjadi lumbung pangan dunia. 

Dengan sekitar 5-6 juta hektare rawa, Indonesia bisa mencapai swasembada pangan. 

“Ini sangat-sangat possible kita sudah hitung tiga tahun ya, tiga tahun kita swasembada pangan, habis itu kita bisa jadi lumbung pangan dunia,” ujar Prabowo.

banner 325x300