LifestyleVideo

Pejabat Hidup Bermewah-mewah, Emang Nggak Bikin Rakyat Cemburu?

257
×

Pejabat Hidup Bermewah-mewah, Emang Nggak Bikin Rakyat Cemburu?

Share this article
pejabat hidup bermewah mewah ema
pejabat-hidup-bermewah-mewah-ema

G24NEWS.TV, JAKARTA — Apa jadinya jika gaya hidup seseorang diperiksa, cocok atau tidak dengan profil penghasilannya?  Hal ini ternyata benar-benar ada di Afrika Selatan. Bahkan ada pedoman dalam pemeriksaan penerapan gaya hidup yang ditujukan untuk seluruh pegawai negara hingga seluruh bagian pemerintahannya.

Pemeriksaan gaya hidup secara luas atau disebut audit gaya hidup dilakukan untuk menentukan apakah gaya hidup seseorang sesuai dengan pendapatannya. Ayanda Dlodlo, Mantan Menteri Dalam Negeri Afrika Selatan mengatakan bahwa pemeriksaan gaya hidup diharapkan untuk mencegah dan menghalangi tindakan korupsi.

Sementara untuk tinjauan gaya hidup, pertama akan dilakukan pemeriksaan yang meliputi keuangan, keluarga dan kegiatan termasuk karakter yang dimiliki. Kemudian ada investigasi gaya hidup yang akan menyelidiki secara lengkap dan luas. Selanjutnya audit gaya hidup dengan melakukan pemeriksaan langsung dari transaksi dan laporan  keuangan. 

Baca Juga  Wanda Hamidah, Gabung Partai Golkar untuk Perjuangkan Keadilan Rakyat

Di Indonesia sebenarnya sudah ada peraturan yang serupa dengan adanya laporan kekayaan yaitu Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) namun hal itu belum berjalan secara sempurna.

“Jangan sampai dalam situasi yang sulit, ada kecemburuan sosial ekonomi. Jangan gagah-gagahan karena merasa punya mobil bagus, motor gede yang bagus. Hati-hati,” kata Presiden Jokowi mengingatkan masalah gaya hidup pejabat yang akhir-akhir ini menjadi sorotan.

Adies Kadir, wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Golkar juga mengatakan bahwa gaya hidup mewah yang dilakukan para pejabat harus segera diubah.

“Punya mobil banyak, ini yang mungkin harus dirubah terhadap perilaku kawan-kawan untuk meningkatkan kembali terhadap kepercayaan masyarakat,” kata dia.

Baca Juga  Survei NSN Terbaru, Elektabilitas Partai Golkar Masuk Tiga Besar di DKI Jakarta

Saat Rabat Dengar Pendapat dengen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (24/8), Adies juga sempat menyinggung gaya hidup mewah yang dimiliki oleh para anggota kepolisian. 

Gaya hidup mewah para istri anggota kepolisian juga tak lepas dari sindiran sosok politisi tersebut.

Sebab dia mengamati bahwa istri para anggota kepolisian kerap memamerkan tas mewah. 

Oleh karena itu, diharapkan adanya aturan seperti pemeriksaan gaya hidup yang tegas, lebih rinci, mendalam dan tepat untuk mengawasi dan mencegah hak-hak rakyat yang disalahgunakan.

Partai Golkar mendorong agar wakil rakyat hingga pemimpin negara akan transparan dan juga jujur dalam menjaga dan melayani hak rakyat.

banner 325x300