Lifestyle

Masak Sehat dan Ramah Lingkungan dengan Bahan Organik

229
×

Masak Sehat dan Ramah Lingkungan dengan Bahan Organik

Share this article
Ilustrasi Bahan Organik/Photo by Jatuphon Buraphon: https://www.pexels.com/photo/view-of-vegetables-348689/
Bahan Organik

G24NEWS.TV, JAKARTA – Masak itu seru ya? Apalagi buat kalian yang suka makan atau eksplor resep baru. Tapi pernah kepikiran gak masak-masak sehat tapi juga ramah lingkungan? Salah satunya masak dengan bahan organik, guys. Yuk kita lihat nih tipsnya!

  1. Bahan Organik Berkualitas

Pastikan bahan-bahan yang kamu pakai adalah organik dan berkualitas. Tapi organi itu apa sih? Bahan organik itu adalah bahan yang gak mengandung pestisida, anitibiotik, atau bahan kimia berbahaya lainnya. Jadi, mulai dari buahnya, sayur, daging, sampai produk susu yang kamu beli, pastikan asalnya dari produsen yang hasil panennya organik.

  1. Label Organik

Kalau kamu belanja bahan makanana sendiri di supermarket, pasti kamu akan menemui label “organik” di kemasannya. Tapi coba baca dengan teliti, apakah “100% Organik”, “Organik”, atau “Dibudidayakan secara Organik”. Setiap label itu berbeda, maka penting membaca informasi di label untuk membeli bahan sesuai kemauan kamu.

  1. Gunakan Bahan Musiman

Kalau kamu mau masak bahan organik dengan harga yang lebih terjangkau, bisa coba trik membeli bahan organik yang lagi musim. Jadi, karena dipanen dalam jumlah banyak, jadi harganya lebih murah. Selain itu, karena lagi musim, kesegaran bahannya lebih terjamin. Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini, guys!

  1. Kemasan Ramah Lingkungan

Sudah diberikan manfaat dari lingkungan, kamu pun harus peduli pada lingkungan. Salah satu cara praktis yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi penggunaan plastik dalam proses memasak. Daripada bergantung pada plastik sekali pakai, kamu bisa menggunakan wadah kaca atau kain dalam menyimpan bahan.

  1. Bijak Memakai Sumber Daya saat Masak

Memasak sambil memedulikan lingkungan itu simpel banget, lho. Kamu bisa mulai dengan mengolah bahan yang tidak kelebihan, sesuai dengan porsinya, supaya gak ada sampah makanan setelah makan. Kamu juga harus terbiasa menghemat penggunaan air jika mencuci sayur atau buah dengan tdk membiasakan air mengalir tanpa terpakai. Bisa juga kamu memasak dengan alat yang hemat energi, atau sesimpel menutup panci dengan rapat supaya makanan cepat matang, dan juga memakai kompor yang efisien

Baca Juga  Mau Sehat dengan Makanan Lezat? Ini 8 Tipsnya!

Jadi, itulah beberapa tips kalau mau mulai masak dengan bahan organik dan ramah lingkungan. Jangan lupa, saat memasak dengan bahan organik, kamu pun harus bisa mengasah kreativitas dengan memasak berbagai jenis hidangan. Kamu juga bisa bertukar resep di internet dengan sesama pencinta bahan organik. Mulailah mendalami dan menonton video tentang bahan organik, sehingga kamu tahu jelas apa yang kamu harus lakukan untuk memasak bahan tersebut, mulai dari pembelian sampai pengelolaan sampah. Yuk kita mulai hidup lebih sehat dan cinta lingkungan!

banner 325x300