Nasional

Kartu Prakerja 2023 Gunakan Skema Baru, Ini Penjelasannya 

282
×

Kartu Prakerja 2023 Gunakan Skema Baru, Ini Penjelasannya 

Share this article
kartu prakerja wira usaha
kartu-prakerja-wira-usaha

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pemerintah akan menyesuaikan skema Kartu Prakerja 2023 dari semi bansos menjadi program peningkatan kemampuan dan produktivitas angkatan kerja, ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menurut Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar, program kartu prakerja akan fokus pada bantuan untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas angkatan kerja.

Bantuanya berupa biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif paska-pelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling. Menurut Airlangga Hartarto, hal ini sudah sesuai konsep awal program Kartu Prakerja yang dicanangkan sebelum pandemi Covid-19.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

“Sebagaimana konsep awal Kartu Prakerja, program ini akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja,” kata Airlangga Hartarto. Total dana yang akan diterima peserta kartu prakerja adalah Rp4,2 juta.

Rincian insentif Kartu Prakerja

  • Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta
  • Insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali,
  • Insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.
Baca Juga  Airlangga Hartarto Buka Young Political Leaders Under 40

Tahun lalu, Program Kartu Prakerja sudah memberikan manfaat bagi 3,46 juta penerima dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Jika ditotal sejak awal Kartu Prakerja berjalan, maka penerima manfaat telah mencapai 14,9 juta orang.

Kartu Prakerja 2023
Kartu Prakerja 2023

Pendaftaran Kartu Prakerja 2023

Belum ada informasi resmi soal pendaftaran Kartu Prakerja 2023.  Namun jika melihat jadwal pendaftaran tahun sebelumnya yakni 2021 dan 2022, pembukaan gelombang kartu prakerja terjadi Februari. Sehingga besar peluang, pendaftaran gelombang 48 kartu prakerja tahun 2023 terjadi pada bulan Februari.

Namun, tidak menutup kemungkinan akan dipercepat atau diperlambat. Hal ini disebabkan oleh adanya pembahasan terkait pelatihan prakerja di tahun 2023 yang menggunakan skema pelatihan tatap muka atau offline.

Syarat Utama Mendaftar Kartu Prakerja 2023

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.
Baca Juga  Politisi Partai Golkar Soroti Keamanan Bandara di Papua

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 

Pendaftaran kartu prakerja biasanya dilakukan lewat laman prakerja.go.id.

Berikut langkah-langkah mendaftar Prakerja:

  • Buka situs prakerja.go.id
  • Jangan lupa siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK
  • Masukkan data diri serta ikuti petunjuk yang tertera pada layar.
  • Siapkan pula kertas dan alat tulis. Ini untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang dilakukan secara online.
  • Tekan tombol ‘Gabung’
  • Tunggu pengumuman peserta yang lolos gelombang di laman dashboard prakerja.go.id.

Setelah mendaftar, Anda tinggal menunggu pengumuman hasilnya. Simak langkah-langkah untuk melihat hasil pengumuman atau mengakses menu lain dalam dashboard.

  • Buka situs prakerja.go.id
  • Masukkan alamat email dan password yang telah dibuat sebelumnya
  • Ketik angka verifikasi yang muncul pada layar, klik ‘Masuk’.
  • Setelah itu Anda telah masuk dalam dashboard prakerja. Di sana akan bisa melihat gelombang yang sedang dibuka atau mengedit informasi akun di menu profil.

Demikian informasi tentang pendaftaran Kartu Prakerja 2023 dan syarat mengikuti program tersebut. Semoga bermanfaat.

 

 

 

banner 325x300