Lifestyle

Hidup Minimalis: Tentang Keseimbangan dan Ketenangan

300
×

Hidup Minimalis: Tentang Keseimbangan dan Ketenangan

Share this article
Ilustrasi Hidup Minimalis: Tentang Keseimbangan dan Ketenangan/Photo by Vlada Karpovich: https://www.pexels.com/photo/woman-sitting-on-a-sofa-while-working-with-laptop-4050293/
Hidup Minimalis: Tentang Keseimbangan dan Ketenangan

G24NEWS.TV, JAKARTA — Hai guys! Kali ini kita mau bahas satu gaya hidup yang lagi tren di kalangan anak muda: Minimalisme! Yup, gaya hidup minimalisme ini suka banyak dipakai sama beberapa influencer juga. Yuk simak artikelnya!

  1. Less is More!

Prinsip utama minimalisme adalah “Less is More“. Artinya, semakin sedikit barang dan komitmen yang kamu punya, semakin banyak ruang dan waktu yang kita bisa nikmatin. Kamu bisa mulai dari meminimalisir pembelian barang-barang yang kita punya. Misalnya dari pakaian, aksesori, gadget, sampai perabotan rumah tangga. Coba deh, lihat-lihat lemari baju kamu. Kalau udah terlalu banyak pakaian yang gak dipakai, kamu bisa melakukan dicluttering, yaitu melepaskan barang-barang yang udah gak perlu lagi. Setelah itu, ruangan kita bakal terasa lebih luas dan lega, deh!

  1. Set Your Priority

Gaya hidup minimalis mengajarkan kita untuk menentukan prioritas dalam hidup, karena gak semua harus dibeli, harus di-iya-in, dan harus dilakuakn. Kita harus fokus sama hal-hal yang menurut kita penting. Contohnya, jangan ragu untuk menolak beberapa tawaran nongkrong bareng temen yang menurut kamu bakal membuang waktu. Mending isi dengan hal-hal positif yang meningkatkan kualitas hidup kamu!

  1. Buang Jauh-Jauh Stres!

Kamu harus menghindari toxic productivity kalau mau hidup minimalis! Buanglah stres dari kepalamu, apalagi ngurusin hal-hal yang gak perlu. Makanya nih, biasanya salah satu cara terampuh untuk mengatasinya adalah mengurangi informasi dan distrasksi dari media sosial. Scrolling ponsel emang seru banget sih, tapi kita juga harus pikirin efek negatif yang muncul kalau terlalu sering melakukannya. So, do you digital detox for a while. Dengan begitu, pikiran kita bakal lebih fresh dan tenang!

  1. Cherish Every Moment

Gaya hidup minimalis juga mengajarkan kita buat be present. Maksudnya apa tuh? Kita harus hidup dengan mindfulnes, berhenti mikirin masa lalu yang udah diubah, atau terus overthink dengan masa mendatang yang kita belum tahu. Santai-santai aja, nikmatin secangkir kopi pagi, jalan-jalan sore sambil dengerin musik favorit, baca buku, atau quality time bareng keluarga. Kita harus belajar buat hadir secara penuh di setiap momen dan menghargai keindahannya.

  1. Mengurangi Konsumsi, Maksimalkan Manfaat

Dalam gaya hidup minimalis, kita diajarkan buat mengurangi konsumsi yang berlebihan. Bukan berarti kita jadi pelit atau individual, tapi kita jadi lebih selektif dalam memilih barang-barang atau kebutuhan yang kita beli. Pertimbangkan kualitas, kegunaan, dan keawetan barang sebelum memutuskan check out. Jadi, sebelum tergoda buat beli benda-benda yang cuma jadi pajangan di rumah, coba pikirkan dua kali. Lebih baik kita beli barang, yang mungkin agak mahal, tapi bakal bermanfaat dalam jangka panjang.

  1. Menghargai Kecukupan

Dengan memikirkan dengan baik apa yang kita konsumsi, gaya hidup minimalis mengajarkan kita buat menghargai kecukupan. Kadang kita terlalu sering membandingkan diri di media sosial, padahal orang-orang di media sosial juga kebanyakan memperlihatkannya sisi kesempurnaannya saja. Jadi, kita harus belajar bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang dan fokus buat memaksimalkan potensi diri sendiri. Live your life with gratitude, guys!

Baca Juga  Ini 7 Hidangan Khas Jawa Timur yang Nagih Banget! Yuk Coba!

7. Bantu Lingkungan

Gaya hidup minimalis juga punya dampak positif buat lingkungan sekitar, lho. Dengan mengurangi konsumsi yang berlebihan, kita juga ikut membantu mengurangi pemborosan sumber daya alam dan limbah yang terbuang. Selain itu, kita bisa mulai mengadopsi kebiasaan-kebiasaan ramah lingkungan, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, memilih produk yang ramah lingkungan, dan menaruh sampah di tempat daur ulang. Dengan begitu, kita bisa turut menjaga kelestarian alam dan memberikan kontribusi positif untuk masa depan bumi

Baca Juga  Membangun Kepercayaan Diri: Kunci Sukses dalam Hidup

8. Menemukan Ketenangan Dalam Kesederhanaan

Akhirnya, gaya hidup minimalis bisa membantu kita menemukan ketenangan dalam kesederhanaan. Dalam hidup yang serba sibuk dan penuh distraksi, kita sering lupa buat menyisihkan waktu buat diri sendiri dan menikmati keheningan. Jadi, mari kita cari kesederhanaan dalam hidup kita, dan rasakan betapa indahnya hidup dengan lebih ringan dan sederhana.

Itu dia poin gaya hidup minimalis yang bisa banget kalian terapkan di kehidupan. Mulai dari cara kamu berprioritas, motif membeli suatu barang, memaknai lingkungan, sampai hal bersyukur. Ingat, semua tergantung preferensi kita masing-masing dan jangan terpaksa. Hal yang penting adalah kita bisa menjalani hidup dengan lebih keseimbangan dan ketenangan. Jadi, ayo mulai ubah sedikit-sedikit gaya hidup kita jadi lebih minimalis. Enjoy the journey, guys!

banner 325x300