Lifestyle

Ini 7 Hidangan Khas Jawa Timur yang Nagih Banget! Yuk Coba!

220
×

Ini 7 Hidangan Khas Jawa Timur yang Nagih Banget! Yuk Coba!

Share this article
Ilustrasi Rawon/https://makassar.tribunnews.com/2022/04/04/resep-rawon-daging-bikinnya-cuma-1-jam-cita-rasanya-bikin-semangat-untuk-sahur
Rawon

G24NEWS.TV, JAKARTA – Indonesia punya kuliner tradisional yang melimpah, dan kali ini kita akan bahas kuliner Jawa Timur. Kalau kamu berencana pergi ke sana, wajib cobain tujuh makanan ini! Siap-siap ngiler!

  1. Rawon

Masakan Jawa Timur? Rawon juaranya. Sup daging sapi ini punya kuah hitam yang khas, dipadukan dengan taoge, dan telur asin. Enak banget kalau dimakan pakai nasi plus kerupuk. Kuah rawon yang gurih punya bumbu yang unik, yaitu keluwak, bawang putih, jahe, dan kencur. Rasanya yang kaya dan aromatic ini membuat rawon sangat dicintai orang-orang.

  1. Soto Lamongan

Masih ngomongin makanan berkuah, soto lamongan juga gak kalah mantap, guys. Soto ini punya kuah bening yang segar, dengan daging ayam empuk, taoge, dan telur rebus di dalamnya. Biasanya juga dijuga dinikmati dengan perkedel atau nasi. Dijamin bakal lebih nikmat lagi kalau kamu pakai sambal dan perasan jeruk nipis. Wangi, segar, hangat, nikmat!

  1. Lontong Balap

Lontong Balap? Apa itu? Nah, hidangan yang satu ini terdiri dari lontong, tahu, taoge, dan lentho yang disiram kuah kacang dan bumbu petis. Rasanya gurih dan pedas, bikin kamu nagih kalau makan lontong ini. Kenapa namanya lontong balap ya? Coba tanya sendiri ke penjualnya kalau kamu mampir ke sana!

  1. Rujak Cingur

Jawa Timur punya jenih rujak yang khas, yaitu rujak cingur. Campuran buah-buahannya semakin enak karena ditambahkan bumbu petis dan saus kacang. Buah-buahan yang dipilih sangat segar, yaitu buah mangga, nanas, bengkuang, dan juga timun. Oh iya, mau tahu apa yang lebih unik lagi? Ada irisan mulut sapi rebus yang ditambahkan ke dalam rujak. Wow, unik banget! Kamu tertarik coba?

  1. Pecel

Masih soal saus kacang, sekarang ada pecel nih! Pecel adalah makanan dari Jawa Timur yang terdiri dari sayuran sehat seperti kangkung, kacang panjang, taoge, dan lainnya. Dengan disiram sambal kacang, makanan ini punya rasa pedas, gurih, dan segar yang berjodoh. Lebih enak lagi kalau dimakan pakai nasi hangat atau bakwan sayur. Pokoknya kamu wajib cobain deh!

  1. Sate Madura

Siapa yang gak tahu sate Madura? Berbeda dari sapi lainnya, sate ini terbuat dari daging sapi yang dibakar di atas arang, lalu disajikan dengan bumbu khas Madura. Sate emang gak boleh dilewatkan, dan harus ditambah lontong, bawang goreng, dan sambal Madura yang super enak!

  1. Semanggi

Semanggi yang satu ini bukan nama jalan di Jakarta ya! Semanggi adalah nasi campur khas Jawa Timur yang berisi berbagai lauk-pauk seperti ayam suwir, telur, sate, tahu, tempe, dan lalapan. Biasanya kamu akan makan semanggi pakai sambal pecel dan kerupuk. Rasanya yang beragam dan padu padan lauk yang lengkap membuat semanggi menjadi hidangan yang memuaskan. Salah satu nasi campur yang enak banget nih!

Baca Juga  Kamar Rapi, Hidup Tenang!

Jadi itu dia beberapa makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu cobain. Cita rasanya khas dan unik, apalagi Jawa Timur dikenal dengan bumbu petis yang unik, dan sayur taoge yang bertebaran di setiap hidangannya. Yuk, coba kuliner di provinsi yang satu ini. Selamat hunting kuliner, guys!

banner 325x300