Lifestyle

Hari Pustakawan, Buat Siapa dan Untuk Apa, Sih?

250
×

Hari Pustakawan, Buat Siapa dan Untuk Apa, Sih?

Share this article
Ilustrasi Hari Pustakawan, Buat Siapa dan Untuk Apa, Sih?/Photo by Tima Miroshnichenko: https://www.pexels.com/photo/an-elderly-woman-talking-to-a-student-9572566/
Hari Pustakawan, Buat Siapa dan Untuk Apa, Sih?

PG24NEWS.TV, JAKARTA —  Hey guys! Tanggal 7 Juli yang lalu, ada sebuah perayaan, lho! Namanya adalah Hari Pustakawan. Kali ini kita akan melihat peran pustakawan yang akan menginspirasi kita!

Hari Pustakawan adalah momen untuk mengapresiasi pustakawan yang berdedikasi untuk menjaga perpustakaan dan memberi akses pengetahuan kepada masyarakat. Mereka bagaikan pahlawan informasi, referensi, buku untuk kita mengeksplorasi dunia.

Asal kamu tahu nih, jadi pustakawan itu gak gampang, lho. Kerjaan mereka gak hanya duduk manis mengelola buku, tapi jadi ahli dalam mengelola koleksi perpustakaan, mengorganisir dan mempertahankan sistem informasi, serta membantu pengunjung dalam mencari dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Pustakawan juga selalu siap untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya literasi dan penggunaan informasi yang benar.

Pustakawan di era digital

Di era digital kayak sekarang, peran pustakawan justru semakin penting. Mereka beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan memastikan perpustakaan juga menyediakan akses ke sumber daya digital. Peran mereka jadi bertambah, yaitu menjadi fasilitator untuk mengajarkan masyarakat tentang literasi digital, penggunaan online database, dan keterampilan mencari informasi secara efektif di dunia digital yang semakin kompleks. Pengetahuan mereka luas, ya!

Baca Juga  Narkoba: Perusak Hidup Paling Manjur

Pustakawan gak cuma di sekolah

Pustakawan juga nggak cuma kerja di perpustakaan. Ternyata mereka juga bisa berperan di dalam institusi pendididkan, perusahaan, dan organisasi. Bacaan itu gak hanya untuk para pelajar, tetapi juga untuk orang-orang dalam bidang profesional, sehingga mereka membantu dalam pengelolaan dan penyediaan bahan bacaan yang relevan dengan bidang kegiatan masing-masing. Jadi, bisa dibilang, pustakawan adalah garda terdepan dalam menjaga akses informasi dan pengetahuan di berbagai sektor.

Pustakawan bagi literasi

Kerennya lagi, pustakawan juga punya peran sebagai mediator antara penulis dan pembaca. Pustakawan yang membantu promosi karya para penulis lokal, mereka yang mengadakan acara literasi, dan menciptakan lingkungan yang ramah bagi para pembaca. Mereka menjaga api semangat baca di tengah arus informasi digital yang begitu deras.

Baca Juga  Kabupaten Serang Bisa Jadi Percontohan Indeks Pembangunan Literasi

Pustakawan juga adalah orang yang cerdas, kreatif, dan punya dedikasi dalam masyarakat. Mereka juga adalah orang dengan pengetahuan yang kaya dan wawasan yang luas. Perjalanan mereka panjang untuk bisa mejadi berkat bagi masyarakat luas. Ada yang mau jadi pustakawan di masa depan?

Jadi, yuk kita ingat lagi peran pustakawan dengan sungguh-sungguh. Di Hari Pustakawan ini, coba kamu hampiri pustakawan yang ada di perpustakaan atau kantor kamu, lalu katakan terima kasih atas kerja kerasnya! Jangan lupa jaga semangat literasi dan hobi membaca kita dengan kritis! Selamat Hari Pustakawan!

banner 325x300