Lifestyle

Fashion: Hargai Budaya Indonesia tanpa Menghilangkan Jati Diri

162
×

Fashion: Hargai Budaya Indonesia tanpa Menghilangkan Jati Diri

Share this article
Ilustrasi Berkain/https://www.beautified.co.id/trend-berkain-makin-populer-lihat-cara-artis-styling-kain-indonesia/
Berkain

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hai kawan-kawan! Budaya di Indonesia ini ada banyak, termasuk juga warisan busana tradisional. Kita bisa lho, menerima budaya tradisional Indonesia untuk dipadukan dengan pakaian modern kita. Mix and match jadi lebih asik sambil membanggakan budaya kita sendiri. Yuk kita bahas!

Kenapa harus menghargai budaya?

Emangnya penting yang menghargai dan menghormati budaya kita? Tentunya harus, dong! Karena budaya kita kaya dan patut diperlihatkan kepada orang-orang. Budaya kita penting untuk diapresiasi, sehingga kita bisa mulai dari budaya pakaian tradisional, yang bisa dipadankan dengan pakaian sehari-hari kita. Kita bisa melihat indahnya pola, motif, dan tenunan kain-kain tradisional yang kita pakai sebagai inspirasi dalam fashion kita. Jadi, jangan lupa juga pelajari makna di balik elemen budaya yang kita pakai.

Gimana ya caranya?

Lalu, gimana cara memadukan elemen budaya tersebut dengan sentuhan modern? Misalnya, kita memakai batik tradisional dengan cutting atau model yang lebih kontemporer. Daripada selalu memakai kebaya bermodel kuno, kita bisa pilih yang jahitannya sebagai outer atau lebih unik lagi. Kita juga bisa berkain dengan tenunan tradisional Indonesia dalam pakaian sehari-hari kita. Dengan cara ini, kita bisa menunjukkan betapa uniknya budaya kita.

Baca Juga  Jalan Seru Di Jakarta Enaknya Kemana Ya? Coba Ke 9 Tempat Wisata Ini Yuk!

Selain pakaian, kamu juga bisa memakai aksesori tradisional untuk dipakai dalam budaya fashion. Misalnya, memakai perhiasan tradisional, seperti kalung, gelang, atau anting-anting yang terinspirasi oleh budaya, atau bahkan kita beli dari pengrajin-pengrajin daerah yang kita jumpai. Jadi, aksesori gak cuma untuk memperindah penampilan, tapi juga membawa makna dan rasa cinta tanah air kita dalam gaya berpakaian!

Kreatif dengan berbagai elemen

Kalau mau lebih kreatif, kamu bisa mencari inspirasi dari seni, tarian, atau bahkan arsitektur budaya Indonesia. Misalnya, kita bisa mencoba memadukan motif-motif dari seni lukis tradisional dalam pakaian  atau mengambil warna-warna cerah yang terinspirasi dari tarian tradisional. Jangan takut untuk berimajinasi dan menciptakan kombinasi yang unik, karena apa yang kamu pakai bisa jadi ekspresi diri kamu!

Baca Juga  Bosan, Pengen Healing Bentar? Nonton 20 Film dan Drama Ini Aja!

Menghargai budaya lain

Kamu juga boleh banget mencoba pakaian tradisional dari budaya lain. Misalnya, mencoba kimono Jepang, baju kurung Malaysia, atau hanbok Korea. Dengan mengenakan pakaian tradisional dari budaya lain, kita bisa menghargai keindahan sambil menjelajah budaya lain! Tapi, tetaplah hormati dan pelajari makna di balik setiap budaya yang ada. Jangan sampai kita salah menggunakannya dan menjadi ejekan bagi budaya yang ada. 

Terakhir, jangan lupakan bahwa fashion adalah cara kita untuk mengekspresikan identitas kita. Jadi, jangan takut untuk menjadi diri sendiri sambil menunjukkan keindahan budaya kita. Dengan begitu, kita bisa jadi inspirasi bagi orang lain. Yuk kita hargai budaya Indonesia lewat fashion!

banner 325x300