Lifestyle

Ini Cara Main Lato-Lato dan Manfaatnya untuk Perkembangan Motorik Anak

110
×

Ini Cara Main Lato-Lato dan Manfaatnya untuk Perkembangan Motorik Anak

Share this article
Lato-lato
lato-lato

G24NEWS.TV, JAKARTA – Permainan anak lato-lato sedang ramai banget  di Indonesia, bagaimana cara main sih? Kelihatannya mudah, tapi main lato-lato butuh keahlian.

Melihat anak kecil memainkan lato-lato, pasti terlihat gampang dan orang dewasa meremehkannya. Tapi saat mencoba, orang-orang dewasa ini gagal, tidak bisa memainkan bola plastik ini.

Meski berisik berbunyi taktektaktok, permainan ini asyik juga. Sehingga banyak orang yang mencoba memainkannya.

Nah ini ada cara-cara untuk main lato-lato biar kamu cepat pinter dan jago main dolanan yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an.

Cara main lato-lato:

  1. Pastikan posisi lato-lato sejajar, imbang kanan dan kiri.
  2. Tekan lato-lato bagian tengah. Ini salah satu yang paling penting dari cara bermain lato-lato.
  3. Jika sudah, goyangkan tali lato-lato ke atas lalu ke bawah. Pelan-pelan, ya.
  4. Terus goyangkan sampai lato-lato berbenturan dan berbunyi dengan ritme yang seimbang.
  5. Jika sudah terbiasa dengan ritme tersebut, coba percepat lagi ritmenya.
  6. Jangan bosan untuk latihan terus.
Baca Juga  Biola: Memetakan Sejarah Suara Klasik

Bantu perkembangan motorik anak

Permainan lato-lato ini ternyata punya efek positif untuk melatih perkembangan motorik anak, ujar Dosen Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Yudha Febrianta.

“Anak sejatinya memiliki energi berlebih yang perlu disalurkan untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Apalagi saat ini anak juga tidak lepas dari HP. Dengan adanya permainan ini maka anak akan mulai tidak terkonsentrasi pada permainan di HP atau game yang ada di HP,” ujar dia dikutip dari suaramuhammadiyah.

Baca Juga  Mengenal Empat Penyair Puisi Hebat dan Berbakat di Era Kemerdekaan Indonesia

Bagi anak, bermain memang menjadi salah satu kunci bagi anak untuk belajar, berkembang, percaya diri, sejahtera, dan sehat secara mental. Variasi dalam permainan sangat penting untuk diperhatikan ketika ingin mengembangkan seluruh area perkembangan anak.

“Permainan lato-lato akan membuat anak belajar untuk mengendalikan gerakan tangan. Karena kalua gerakan tangan ini tidak terkendali dengan baik maka gerak dari bandul itu akan tidak stabil dan menyebabkan permainan terhenti,” jelasnya.

 

banner 325x300