Kesehatan

6 Tips untuk Atasi Dampak Radiasi HP agar Kamu Tetap Sehat

213
×

6 Tips untuk Atasi Dampak Radiasi HP agar Kamu Tetap Sehat

Share this article
radiasi hp
Ilustrasi dampak radiasi hp/Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/anxious-woman-having-phone-conversation-in-office-4467783/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Radiasi dari ponsel cerdas atau handphone (HP) telah menjadi perhatian kesehatan yang semakin meningkat. Meskipun penelitian tentang dampak jangka panjang radiasi HP masih dalam tahap penelitian, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi potensi dampak negatifnya pada kesehatan kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips untuk mengatasi dampak radiasi HP.

  1. Gunakan Headset atau Mode Pengeras Suara

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi paparan radiasi langsung dari HP adalah dengan menggunakan headset atau mode pengeras suara saat menelepon. Dengan cara ini, Anda dapat menjauhkan ponsel dari tubuh Anda saat berbicara.

  1. Kurangi Waktu Panggilan Panjang

Paparan radiasi dari HP meningkat saat panggilan berlangsung lebih lama. Co balah untuk membatasi panggilan telepon yang panjang dan lebih sering menggunakan pesan teks atau aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi.

  1. Gunakan Mode Pesawat atau Matikan HP Saat Tidak Digunakan

Ketika Anda tidak menggunakannya, aktifkan mode pesawat atau matikan HP Anda sepenuhnya. Ini akan mengurangi paparan radiasi yang tidak perlu saat Anda tidak sedang menggunakan ponsel.

  1. Jauhkan HP dari Tubuh Anda

Selalu usahakan untuk menjaga jarak antara ponsel dan tubuh Anda saat tidak digunakan. Hindari menyimpan ponsel di saku dekat jantung, payudara, atau panggul. Gunakan tas atau tas pinggang khusus untuk membawa ponsel jika perlu.

  1. Gunakan Koneksi Wi-Fi atau Sinyal Kuat

Ketika mengunduh atau streaming data, pastikan Anda menggunakan koneksi Wi-Fi atau berada di area dengan sinyal ponsel yang kuat. Ponsel akan memancarkan radiasi lebih banyak saat mencoba menghubungkan ke jaringan yang lemah.

  1. Beli Ponsel dengan Tingkat SAR yang Rendah

Specific Absorption Rate (SAR) adalah ukuran seberapa banyak energi radiasi yang diserap oleh tubuh Anda saat menggunakan ponsel. Cari ponsel dengan tingkat SAR yang rendah untuk mengurangi paparan radiasi.

Baca Juga  Macet di Jakarta, Takut Dibegal? Ini 10 Trik Anti-Begal Biar Lolos

Meskipun penelitian tentang dampak radiasi HP terus berlanjut, mengambil langkah-langkah sederhana ini dapat membantu mengurangi potensi dampak negatifnya pada kesehatan Anda. Selalu bijak dalam menggunakan ponsel cerdas Anda dan pertimbangkan untuk mengurangi paparan radiasi sebanyak mungkin untuk menjaga kesehatan Anda.

banner 325x300