Lifestyle

6 Tips Keuangan Buat Hidup Yang Lebih Teratur, Yuk Dicoba!

222
×

6 Tips Keuangan Buat Hidup Yang Lebih Teratur, Yuk Dicoba!

Share this article
Ilustrasi Menabung/Photo by maitree rimthong: https://www.pexels.com/photo/person-putting-coin-in-a-piggy-bank-1602726/
Menabung

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kalian tahu gak, rencana keuangan itu penting, lho. Mungkin memang terdengar rumit buat kita, anak muda. Tapi literasi finansial seperti ini akan membuat masyarakat kita jadi cerdas dan perekonomian berkembang. Yuk simak tipsnya, dan siap-siap untuk punya keuangan yang stabil!

  1. Tentukan Tujuan 

Awalnya, kamu harus tentukan tujuan keuangan kamu. Untuk apa sih uang disimpan? Kenapa gak langsung di-spend aja? Nah, kamu bisa pikir nih, apakah mau buat dana darurat? Gadget baru? Liburan ke tempat impian? Atau bahkan nabung buat beli rumah? Hal-hal seperti inilah yang membuat kita termotivasi untuk save more uang kita.

  1. Periksa Pengeluaranmu

Penting banget nih untuk mencatat dan aware dengan pengeluaran kita. Coba kamu list gimana kebiasaan belanja kamu dalam sebulan ini. Apakah kebanyakan memang untuk kebutuhan? Atau justru habisnya karena beli kopi setiap hari? Nah, kebiasaan boros kayak gitu bisa kamu kurangin biar membatasi pengeluaran, guys. Jadi kamu bisa mulai evaluasi dan cari cara gimana bisa mengurangi pengeluaran kamu.

  1. Buat Budget 

Kalau sudah tahu berapa besar pengeluaranmu dan untuk apa saja, kamu bisa buat budget bulanan. Kasih anggaran seperti ini bikin kamu melek dengan jumlah uang yang kamu miliki dari awal, sehingga pelan-pelan memakainya. Bagi uang kamu untuk dialokasikan ke tagihan, makanan, transportasi, dan tabungan/investasi. Kalau sudah, berikan juga sedikit porsi untuk keinginan, siapa tahu memang cukup dan masih ada sisa, yang penting untuk kebutuhan dan tabungan masih ada dan aman.

  1. Atur Utangmu

Kalau kamu punya utang, penting banget buat atur utangmu dengan baik. Dengan punya utang, kamu harus memprioritaskan pengembalian utang kamu, apalagi yang bunga dan tagihannya lebih tinggi. Jangan buat tagihan utang kamu membengkak, atau nanti kondisi uangmu jadi makin sulit. Mungkin kamu bisa bernegosiasi untuk bunga yang lebih rendah atau cicilan yang lebih ringan.

  1. Nabung dan Investasi

Rencana keuangan yang baik pastinya mengalokasikan uang selalu untuk menabung. Usahakan sisihkanlah sebagian pendapatan kamu untuk ditabung. Mungkin ditabungnya juga ada yang ditaruh ke investasi seperti reksadana atau saham, biar ada pendapatan tambahan. Tapi hal-hal investasi kayak gini juga butuh belajar dan penguasaan, jangan main percaya aja, ya!

  1. Evaluasi Rutin

Terakhir, jangan lupa review dan evaluasi rutin rencana keuanganmu. Percuma kalau kamu rajin nyatet pemasukan dan pengeluaran, tapi gak dicek kembali atau di-review. Kamu bisa cek apakah uang kamu sekarang sudah sesuai dengan tujuan kamu atau belum? Coba pikirkan apa yang bisa kamu perbaiki dan kamu adaptasi.

Baca Juga  Coba Healing ke 5 Taman Nasional yang Mempesona Ini Yuk!

Jadi, itulah enam tips mengelola keuangan. Jangan ragu untuk ambil kontrol atas keuangan kita sendiri. Jangan sampai kita boros ke hal-hal yang kurang perlu, dan cobalah terbuka terhadap kesempatan-kesempatan yang ada untuk pemasukan tambahan uang kamu. Yuk, mulai atur dan jadi manusia dengan keuangan sehat!

banner 325x300