Lifestyle

6 Makanan Tradisional dari Bahan-Bahan Alami, Semuanya Enak!

443
×

6 Makanan Tradisional dari Bahan-Bahan Alami, Semuanya Enak!

Share this article
Ilustrasi Gado-gado/Photo by Ida Rizkha: https://www.pexels.com/photo/salad-with-fresh-vegetables-and-eggs-3008740/
Gado-gado

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hai guys! Meski udah banyak banget makanan dari berbagai macam negara yang kita bisa coba, kalian tetep suka makanan tradisional Indonesia gak nih? Nah, di artikel kali ini kita mau bahas tentang makanan yang gak cuma enak di lidah, tapi sehat juga karena bahan-bahannya yang alami. Makanan khas Indonesia emang terkenal dengan rempah-rempah alami dan cita rasa yang kaya. Makanya, makanan Indonesia gak kalah saing dengan versi makanan khas negara lainnya. Yuk kita jalan-jalan sambil melihat kelimpahan budaya negara kita!

  1. Aroma Nasi Menggoda Lidah, Nasi Uduk

Siapa sih yang gak suka sama aroma nasi uduk? Udah menggoda, banyak lauk lagi! Pas banget ya buat jadi sarapan! Nah, makanan khas Betawi ini, emang menggunakan bahan-bahan alami, yang emang bikin aroma dan rasanya makin terasa. Serai, daun pandan, daun salam, bercampur jadi satu memadukan aroma yang luar biasa wangi. Ditambah lagi, ada juga, lho, nasi uduk yang dimasak di dalam daun bambu. Makin nikmat, deh, rasanya! Pokoknya, nasi uduk ini adalah persatuan makanan tradisional sama alam yang klop banget!

  1. Gurihnya Ikan Berselimutkan Daun Pisang, Ikan Pepes

Gak hanya kreatif dalam mencampur bumbu, makanan tradisional Indonesia juga dibuat dari teknik masak yang gak lepas dari tumbuhan. Gimana gak? Ikan aja bisa dikukus pake daun pisang. Kurang alami apa lagi? Sebelum dibungkus, Ikannya juga dibumbuin pake bawang, cabai, dan daun kemangi. Hasilnya? Ikan yang lembut, gurih, dan berarorma khas! Must try!

  1. Hangatnya Kaldu dan Rempah, Soto Ayam

Ada juga makanan yang cocok menemani udara sejuk dan perut yang kelaperan, yaitu soto ayam. Pas banget makanan ini kalau mau menghangatkan badan. Nah, kalau soto ayam ini pasti udah gak asing di telinga kita, dan ternyata rempah yang dipakai untuk bikin soto ayam yang enak juga gak kalah banyak! Ada kaldu ayam, serai, jahe, daun salam, dan segala jenis perbawangan. Semuanya berjodoh menghasilkan kuah yang bikin nagih. Kalau ditambah bawang goreng, daun seledri, dan perasan jeruk nipis, fix ini mah mantap banget! Kamu tim pake nasi atau gak ini, guys?

  1. Kesegaran Sayur yang Memuaskan Lidah, Gado-gado

Kalo lagi bicara tentang makanan tradisional, kita gak boleh lupain gado-gado. Bahan alaminya yang segar dan bumbu kacang yang sangat melengkapi bikin gado-gado jadi makanan Indonesia yang praktis bangt. Gado-gado terdiri dari kacang panjang, taoge, timun, kol, dan berbagai macam sayur lainnya. Gak afdol kalau belum disiram sama bumbu kacang dari kacang tanah yang digiling halus, ditambah petis dan cabe. Hasilnya? Rasa gurih yang bikin lidah puas. Pokoknya sehat dan bikin good mood!

  1. Asam, Manis, Pedes, Seger: Rujak Buah

Tadi kita bicara soal salad sayur, sekarang kita ngomongin salad buahnya Indonesia! Rujak buah emang juara banget ya dalam menyatukan cita rasa buah dan bumbu rempah yang segar. Rujak adalah perpaduan antara buah eksotis kayak mangga, jambu, nanas, dan bengkoang, dengan saos gula merah, air asam, dan cabe rawit. Rasanya banyak juga, ya. Ada manis, asam, pedas, tapi pas banget di mulut kita! Rujak buah adalah bukti nyata kalau makanan tradisional Indonesia sangat alami dan seger banget!

  1. Segar dan Berkhasiat, Jamu

Terakhir, kita punya minuman tradisional yang juga super alami, yaitu jamu. Kalian pernah gak cobain jamu racikan ibu-ibu yang keliling di sekitar perumahan dengan keranjang jamunya yang gede? Jamu lebih berani lagi pakai rempah, seperti kunyit, jahe, temulawak, kencur, sehingga banyak sekali khasiat dan rasa yang unik. Jamu ini cocok banget jadi minuman alami yang menyehatkan.

Baca Juga  Anak Jaksel Mari Mendekat! 5 Rekomendasi Café Ngehits Jakarta Selatan

Jadi, itu dia beberapa santapan tradisional Indonesia yang menggunakan bahan alami. Dari nasi uduk hingga jamu, semuanya menghadirkan kelezatan alam yang nggak bisa dipungkiri. Yuk lestarikan budaya kuliner Indonesia dengan mengeksplorasi banyak rempah dan menikmatnya!

banner 325x300