Lingkungan

4 Keunikan Panda Hewan Ikonik Tiongkok

176
×

4 Keunikan Panda Hewan Ikonik Tiongkok

Share this article
panda
Ilustrasi panda/Photo by Laura The Explaura : https://www.pexels.com/photo/panda-bear-on-green-grass-3608263/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Panda, atau dikenal sebagai “Xiongmao” dalam bahasa Tionghoa, merupakan salah satu hewan yang paling dikenal di dunia. Dikenal dengan bulu hitam dan putihnya yang ikonik, panda merupakan simbol dari konservasi satwa liar dan kekayaan alam Tiongkok. Berikut adalah beberapa informasi menarik mengenai keunikan panda:

  1. Habitat dan Makanan

Panda hidup di hutan bambu pegunungan di Tiongkok tengah. Mereka merupakan hewan pemakan tumbuhan, dengan makanan utamanya adalah bambu. Panda dapat mengonsumsi sekitar 12-38 kilogram bambu setiap harinya.

  1. Ciri Khas Fisik

Panda dikenal dengan bulu hitam dan putihnya yang ikonik. Wajah panda memiliki bercak hitam di sekitar mata dan telinga, serta tubuhnya yang gemuk dengan ekor yang pendek.

  1. Status Konservasi

Panda termasuk dalam spesies yang rentan punah. Namun, melalui upaya konservasi yang intensif, populasi panda mulai menunjukkan peningkatan. Tiongkok telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi habitat panda dan memperkuat program pemuliaan di penangkaran.

  1. Pesona Global

Panda telah menjadi simbol dari konservasi satwa liar dan diplomasi lingkungan. Banyak negara di dunia yang menjalin kerjasama dengan Tiongkok dalam program konservasi panda, serta menyambut kedatangan panda sebagai tanda persahabatan.

Baca Juga  Gini Nih Caranya! 6 Gerakan Anti-Plastik ala Anak Muda

Panda merupakan hewan yang unik dan memiliki pesona yang kuat di mata dunia. Melalui upaya konservasi yang berkelanjutan, diharapkan panda dapat terus berkembang dan menjadi simbol dari keberhasilan konservasi satwa liar.

banner 325x300